ANALISIS KEMAMPUAN LITERASI NUMERASI SISWA MENURUT TEORI BRUNER PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR KELAS VIII

Penulis

  • Dandi Febrianto Siregar UIN Sumatera Utara Medan
  • Rusi Ulfa Hasanah UIN Sumatera Utara Medan
  • Isran Rasyid Karo-Karo UIN Sumatera Utara Medan

Kata Kunci:

Literasi Numerasi, Tahap Enaktif, Tahap Simbolik, Tahap Ikonik

Abstrak

Numerasi adalah kemampuan siswa dalam menerapkan konsep matematika untuk menyelesaikan masalah sehari-hari, sesuai dengan Permendikbud No. 23 Tahun 2015. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan numerasi siswa MTs Zia Salsabila pada materi bangun ruang sisi datar berdasarkan teori Bruner, yang terdiri dari tiga tahap: enaktif, ikonik, dan simbolik. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dan dilakukan pada siswa kelas VIII-A semester ganjil 2024/2025. Subjek penelitian dipilih berdasarkan hasil tes numerasi dengan kategori tinggi, sedang, dan rendah. Instrumen penelitian meliputi tes kemampuan numerasi dan wawancara untuk memahami pola berpikir siswa sesuai teori Bruner. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa lebih dominan pada tahap ikonik dan simbolik, sementara tahap enaktif kurang berpengaruh. Dari 18 subjek yang diuji, hanya 4 siswa yang mencoba tahap enaktif, tetapi jawaban mereka tidak benar.

ABSTRACT Numeracy is the ability of students to apply mathematical concepts to solve everyday problems, in accordance with Permendikbud No. 23 of 2015. This study aims to describe the numeracy skills of MTs Zia Salsabila students on flat-sided space building material based on Bruner's theory, which consists of three stages: enactive, iconic, and symbolic. This research uses qualitative methods and is conducted on students in class VIII-A odd semester 2024/2025. The research subjects were selected based on the numeracy test results with high, medium, and low categories. The research instruments included numeracy tests and interviews to understand students' thinking patterns according to Bruner's theory. The results showed that students were more dominant in the iconic and symbolic stages, while the enactive stage was less influential. Of the 18 subjects tested, only 4 students tried the enactive stage, but their answers were incorrect.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Affiah, E., Khasanah, L. S (2024). Analisis Kemampuan Literasi Numerasi Ditinjau Dari Motivasi Belajar Siswa Sman 1 Barat. Jurnal Lebesgue, 5(2), 642–649. https://www.lebesgue.lppmbinabangsa.id/index.php/home/article/view/532%0Ahttps://www.lebesgue.lppmbinabangsa.id/index.php/home/article/download/532/414

Ahma, Z., Wati, S., Asep, Z., Iyon, M. (2019). Penerapan Teknik Ikonik Terhadap Kemampuan Pemahaman Matematika Siswa Pada Pembelajaran Matematika Pokok Bahasan Pecahan. Jurnal Analisa.

Ambarwati, E. D., Utin Desy Susiaty, & Muhamad Firdaus. (2023). Analisis Kemampuan Literasi Numerasi Matematis Siswa pada Materi Matriks Ditinjau dari Self-Efficacy. Indo-MathEdu Intellectuals Journal, 4(3), 2230–2240. https://ejournal.indo-intellectual.id/index.php/imeij/article/view/449

Amir, Z. and others. (2015). Psikologi pembelajaran matematika.

Anugrahini, C., W.A Fouk, M. F., & Vickyyanti Sin, M. F. (2024). Sosialisasi Pentingnya Budaya Literasi Untuk Anak Usia Dini Melalui Bercerita Dongeng Di Desa Kabuna Haliwen Atambua Nusa Tenggara Timur. Jurnal BUDIMAS : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 6(1), 1–8.

Ate, D., & Lede, Y. K. (2022). Analisis Kemampuan Siswa Kelas VIII dalam Menyelesaikan Soal Literasi Numerasi. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 472–483. https://doi.org/10.31004/cendekia.v6i1.1041

Ayu, D. (2022). Kemampuan Literasi Numerasi Siswa Sekolah Dasar Dalam Memecahkan Soal Cerita Ditinjau Dari Kemampuan Matematika. Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, September, 133–140. https://vicon.uin-suka.ac.id/index.php/prosidingPGMI/article/download/806/351

Bambang, S., Aji, A., Damar, K., Novianto E, S., Dimas F, U. (2022). Pengaruh Kemampuan Literasi Mahasiswa Universitas Airlangga Di Berbagai Bidang Keilmuan. Jurnal Layanan Masyarakat (Journal of Public Services), 6(2), 325–333. https://doi.org/10.20473/jlm.v6i2.2022.325-333

Curry, D. (2019). The PIAAC Numeracy Framework: A Guide to Instruction. Adult Literacy Education: The International Journal of Literacy, Language, and Numeracy, 33–51. https://doi.org/10.35847/dcurry1.2.33

Dicky, S., Savitri S., Marianna M, R., Ambarsari, K. W., (2021). Inspirasi Pembelajaran yang Menguatkan Numerasi (pada Mata Pelajaran Matematika untuk Jenjang Sekolah Menengah Pertama). Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan, 1(1), 90. https://repositori.kemdikbud.go.id/22996/1/Book 1 - Modul Numerasi Matematika SMP - 23 Juli 2021.pdf

Ekowati, D. W., Astuti, Y. P., Utami, I. W. P., Mukhlishina, I., & Suwandayani, B. I. (2019). Literasi Numerasi di SD Muhammadiyah. ELSE (Elementary School Education Journal) : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 3(1), 93. https://doi.org/10.30651/else.v3i1.2541

Fadlilah, C., & Siswono, T. Y. E. (2022). Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Asimilasi (Assimilating) Dan Konvergen (Converging) Dalam Memecahkan Masalah Numerasi. MATHEdunesa, 11(2), 548–561. https://doi.org/10.26740/mathedunesa.v11n2.p548-561

Friska, G. (2022). Kumpulan Soal dan Pembahasan Bangun Ruang Sisi Datar. Tesis Uin Raden Intan Lampung, 2–3. http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/21007

Han, W., Susanto, D., Dewayani, S., Pandora, P., Hanifah, N., Miftahussururi., Nento, M. N., & Akbari, Q. S. (2017). “Materi Pendukung Literasi Numerasi.” Kementrian Pendidikan Dan Kebudayaan, Tim GLN Kemendikbud., 8(9), 1–58. https://repositori.kemdikbud.go.id/11628/1/materi-pendukung-literasi-numerasi-rev.pdf

Hatip, A., & Setiawan, W. (2021). Teori Kognitif Bruner Dalam Pembelajaran Matematika. PHI: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 87. https://doi.org/10.33087/phi.v5i2.141

Intania Shafa, S., Wibowo, T., & Yuzianah, D. (2023). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP dalam Menyelesaikan Masalah Literasi Numerasi. Jurnal Sains Dan Teknologi, 5(1), 434–440. https://doi.org/10.55338/saintek.v5i1.1614

Irma, Al., Putra, R. W. Y., & Netriwati. (2021). Me As Ma an S Bangun D Ar S. In Bab 1 Dan 2.

Katherina Estherika, A., & Setianingsih, R. (2022). ANALISIS KEMAMPUAN NUMERASI SISWA SMA DALAM MENYELESAIKAN SOAL ASESMEN KOMPETENSI MINIMUM (AKM) Katherina Estherika Anggraini Rini Setianingsih. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 11(3), 837–849.

Latifah, K. (2019). Negeri Buku: Millenial Social Movement Dalam Upaya Pengembangan Budaya Literasi. Konferensi Nasional Bahasa Dan Sastra V, 157–160. https://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/knbs/article/view/12883

Mahmud, M. R., & Pratiwi, I. M. (2019). Literasi Numerasi Siswa Dalam Pemecahan Masalah Tidak Terstruktur. KALAMATIKA Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 69–88. https://doi.org/10.22236/kalamatika.vol4no1.2019pp69-88

Maulidina, A. P., & Hartatik, S. (2015). Jurnal Bidang Pendidikan Dasar (JBPD) http://ejournal.unikama.ac.id/index.php/JBPD Vol. 3 No.2. Jurnal Bidang Pendidikan Dasar (JBPD), 3(2), 1–6.

Novitasari, M. (2022). 74-86. Prosiding Seminar Nasional Pembelajaran Matematika, 2017, 76.

Rahmawati, Andi, Rosmah. (2018). Teori Belajar Penemuan Bruner Dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Sigma (Suara Intelektual Gaya Matematika).3(1).

Ramadhani Kurniawan, & Afi Parnawi. (2023). Manfaat Literasi Untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan. Jurnal Pendidikan, Bahasa Dan Budaya, 2(1), 184–195. https://doi.org/10.55606/jpbb.v2i1.1148

Rizeka, Z. Assegaf. Bambang, H, Dian, A. (2018). Translasi Representasi Matematika SMP Dari Bentuk Verbal ke Simbolik dan Sebaliknya Pada Materi SPLDV. Jurnal Pedidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa.

Salvia, N. Z., Sabrina, F. P., & Maula, I. (2022). Analisis Kemampuan Literasi Numerasi Peserta Didik Ditinjau Dari Kecemasan Matematika. ProSANDIKA UNIKAL (Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika Universitas Pekalongan), 3(2019), 352–360. https://www.proceeding.unikal.ac.id/index.php/sandika/article/view/890

Simon M. Panjaitan, Novita Dwi Yanti Gulo, & Adi Suarman Situmorang. (2023). Analisis Kemampuan Literasi Numerasi Menurut Teori Bruner Pada MateriHimpunan Berbasis High Order Thinking Skill (Hots)Kelas VII SMP Swasta Gajah Mada. Analisis Kemampuan Literasi Numerasi Menurut Teori Bruner Pada Materi Himpunan Berbasis High Order Thinking Skill (Hots) Kelas VII SMP Swasta Gajah Mada, 3 No 2, 8465–8477.

Siskawati, F. S., Chandra, F. E., & Tri Novita Irawati. (2020). Profil Kemampuan Literasi Numerasi di Masa Pandemi Cov-19. Pedagogy : Jurnal Pendidikan Matematika, 1(101), 258 .http://ejurnal.mercubuana-yogya.ac.id/index.php/Prosiding_KoPeN/article/view/1673

Susriyanti, S., Yeni, F., & Yulasmi, Y. (2022). Implementasi dan Aplikasi Literasi Numerasi Di SDN 20 Labuhan Tarok, Bungus Teluk Kabung, Padang. Jurnal Pengabdian Masyarakat Akademisi, 1(3), 1–6. https://doi.org/10.54099/jpma.v1i3.141

Vira Amelia, Darmansyah, & Yanti Fitria. (2023). Pemanfaatan Platform Let’s Read Dalam Mendukung Kegiatan Literasi Siswa. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, Volume 08, 2548–6950.

Wahyu. Zainal, A. Gusti, F, K. (2022). Analisis Kemampuan Berfikir Reflektif Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Ditinjau Dari Teori Bruner Pada Materi Teorema Pythagoras Peserta Didik Kelas VIII di SMP Negeri 1 Sukorejo. Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran.

Yuparing, F. R., Wiyono, B. B., & Sutadji, E. (2023). Pengembangan Instrumen Asesmen Higher Order Thinking Skills (Hots) Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Indonesia, 4(04), 311–323. https://doi.org/10.59141/japendi.v4i04.1703

Unduhan

Diterbitkan

31-12-2024

Cara Mengutip

Febrianto Siregar, D., Ulfa Hasanah, R. ., & Rasyid Karo-Karo, I. (2024). ANALISIS KEMAMPUAN LITERASI NUMERASI SISWA MENURUT TEORI BRUNER PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR KELAS VIII. Relevan : Jurnal Pendidikan Matematika, 4(6). Diambil dari https://ejournal.yana.or.id/index.php/relevan/article/view/1237