MANAJEMEN KESISWAAN DALAM PENGEMBANGAN POTENSI PESERTA DIDIK DI MADRASAH ALIYAH SWASTA YASPI LABUHAN DELI
DOI:
https://doi.org/10.58432/algebra.v2i4.575Kata Kunci:
Peserta didik, Potensi, Manajemen KesiswaanAbstrak
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengetahui manajemen kesiswaan dalam pengembangan potensi peserta didik di MAS Yaspi Labuhan Deli. (2) Mengetahui faktor pendukung dan penghambat manajemen kesiswaan dalam pengembangan potensi peserta didik di MAS Yaspi Labuhan Deli. Jenis penelitian yang digunakan ialah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Dengan demikian, hasil penelitian nanti berisi kutipan data untuk member gambaran penyajian laporan. Data yang diperoleh ini berasal dari observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang dipilih ialah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan analisis data yang ditemukan bahwa (1) manajemen kesiswaan dalam pengembangan potensi peserta didik di MAS Yaspi Labuhan Deli dimulai dengan kegiatan ekstrakurikuler dapat mengembangkan potensi peserta didik serta memberikan manfaat yang besar dalam mengembangkan kemampuan bekerja sama dengan orang lain. Selanjutnya pembinaan ekstrakurikuler didukung oleh Pembina yang ahli dibidangnya sehingga potensi yang dimiliki peserta didik dapat tersalurkan dengan baik. Selanjutnya pelaksanaan ekstrakurikuler dilaksanakan pada sore hari selesai jam pembelajaran. Kegiatan terakhir ebaluasi yang dilaksanakan untuk mengetahui terlaksananya kegiatan ekstrakurikuler. (2) Faktor pendukung kegiatan tersebut ialah sarana dan prasarana, tersedianya dana, dukungan dari pihak madrasah, antusias Pembina dan peserta didik dalam mengembangkan potensinya. Faktor penghambat dalam kegiatan ialah terbatasnya waktu dan semangat dari peserta didik untuk mengikuti kegiatan ekstrakurikuler.
Kata Kunci : Manajemen Kesiswaan, Potensi, Peserta didik
ABSTRACT
This study aims to (1) Know student management in developing the potential of students at MAS Yaspi Labuhan Deli. (2) Knowing the supporting and inhibiting factors of student management in developing the potential of students at MAS Yaspi Labuhan Deli. The type of research used is qualitative research with a descriptive approach. Thus, the results of the research later contain data excerpts to give an overview of the presentation of the report. The data obtained comes from observation, interviews and documentation. The selected data analysis technique is data reduction, data presentation and drawing conclusions. Based on the data analysis it was found that (1) student management in developing the potential of students at MAS Yaspi Labuhan Deli begins with extracurricular activities that can develop the potential of students and provide great benefits in developing the ability to work together with others. Furthermore, extracurricular coaching is supported by coaches who are experts in their fields so that the potential of students can be channeled properly. Furthermore, extracurricular activities are carried out in the afternoon after learning hours. The last evaluation activity carried out to determine the implementation of extracurricular activities. (2) The supporting factors for these activities are facilities and infrastructure, availability of funds, support from the madrasah, the enthusiasm of coaches and students in developing their potential. The inhibiting factor in the activity is the limited time and enthusiasm of students to take part in extracurricular activities
Keywords: Student Management, Potential, Learners
Unduhan
Referensi
Abdussamad, Zuchri. (2021). Metode Penelitian Kualitatif. Syakir Media Press
Alhamuddin. (2019). Politik Kebijakan Pengembangan Kurikulum Di Indonesia. Prenadamedia Group.
Amaliyah, A., & Rahmat, A. (2021). Pengembangan Potensi Diri Peserta Didik Melalui Proses Pendidikan. Journal of Elementary Education, 5(1).
Amin, M., Larasati, S. S., & Fathurochman, I. (2018). Implementasi Manajemen Kesiswaan dalam Meningkatkan Prestasi Non Akademik di SMP Kreatif. Jurnal Literasilogi, 1(1).
Ananda, R., & Amiruddin. (2019). Perencanaan Pembelajaran. LPPI.
Anwar, S. (2015). Management of Student Development (Perspektif Al-Qur’an & As-Sunnah). Yayasan Indragiri.
Ariyani, R., & Replianis. (2019). Manajemen Peserta Didik. Salim Media Indonesia.
Darmansah, T. (2019). Manajemen Perkantoran. LPPI.
Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. (1999). Panduan Manajemen Sekolah. Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Direktorat Pendidikan Menengah Umum.
Haidir. (2019). Metode Penelitian Pendidikan.
Hartono. (2019). Metodologi Penelitian. Zanafa Publishing.
Hermino, A. (2016). Manajemen Kemarahan Siswa. Kajian Teoritis dan Praktis dalam Manajemen Pendidikan. Pustaka Pelajar.
Hidayat, R., & Wijaya, C. (2017). Ayat-ayat Al-Qur’an Tentang Manajemen Pendidikan Islam. LPPI.
Hufron, A., Imron, A., & Mustiningsih. (2016). Manajemen Kesiswaan Pada Sekolah Inklusi. Jurnal Pendidikan Humaniora, 4(2).
Hulukati, W. (2013). Perangkat Pengembangan Diri untuk Meningkatkan Kompetensi Guru dan Pengembangan Kepribadian Siswa SMA. Jurnal Ilmu Pendidikan, 1(19).
Huri, S. (2011). Pengaruh Kecerdasan Matematika-Logis dan Kemandirian Belajar terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Formatif, 1(34).
Imron, A. (2016). Manajemen Peserta Didik Berbasis Sekolah. Bumi Aksara.
Kurniawati, E. (2014). Manajemen Kesiswaan Di SMA Negeri Mojoagung Jombang. Jurnal Inspirasi Manajemen Pendidikan, 4(2).
Masni, H. (2017). Peran Pola Asuh Demokratis Orangtua terhadap Pengembangan Potensi Diri dan Kreativitas Siswa. Jurnal Ilmiah Dikdaya, 6(1).
Moleong, L. C. (2019). Metodologi Penelitian Kualitatif. Remaja Rosdakarya.
Mulyasa. (2017). Manajemen Berbasis Sekolah: Konsep, Strategi dan Implementasi. Remaja Rosdakarya.
Musolin, M. (2020). Manajemen Kesiswaan Pada Madrasah Tsanawiyah Al Iman Bulus Gebang Purworejo Tahun Ajaran 2019/2020. Jurnal Studi Islam, 7(1).
Nurhasanah, N., Endan, B., & Lestari, S. (2016). Analisis Layanan Bimbingan dan Konselling tenang Potensi Diri pada Peserta Didik Kelas XI SMA Negeri 6 Pontianak. Jurnal Pendidikan Dan Pembellajaran Khatulistiwa, 6(12).
Permendikbud. (2013). Salinan Lampiran III Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Rebpublik Indonesia Nomor 81a Tahun 2013 Tentang Implementasi Kurikulum.
Prasanti, D. (2018). Penggunaan Media Komunikasi Bagi Remaja Perempuan dalam Pencarian Informasi Kesehatan. Jurnal Lontar, 6(1).
Putri, M., Giatman, M., & Ernawati. (2021). Manajemen Kesiswaan Terhadap Hasil Belajar. Jurnal Riset TIndakan Indonesia, 6(2).
Rahadrjo, & Gutnanto. (2017). Pemahaman Individu Teknik Non Test. Kencana.
Rifa’i, M. (2018). Manajemen Peserta Didik (Pengolahan Peserta Didik Untuk Evektivitas Pembelajaran) (R. Ananda & M. Fadhli (eds.)). CV. Widya Puspita.
Saputri, H. D. (2016). Manajemen Ekstrakurikuler untuk Mengembangkan Minat dan Bakat Siswa. UIN Sunan Kalijaga.
Shalahudin. (2021). Manajemen Peserta Didik. Penerbit Garudhawaca.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D). Alfabeta.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitati, Kualitatif dan R&D. Alfabeta
Susanto, A. (2018). Bimbingan dan Konseling di Sekolah, konsep, Teori dan Aplikasinya. Prenadamedia Group.
Suwardi, & Daryanto. (2017). Manajemen Peserta Didik. Gava Media.
Syafaruddin. (2017). Manajemen Kurikulum. Perdana Publishing.
Wijaya, C., & Rifa’i, M. (2016). Dasar-dasar Manajemen (S. Syarbaini (ed.)). Perdana Publishing.
Wulandari, N. W. (2013). Perbedaan Kematangan Sosial Ditinjau dari Pengalaman Mengikuti Kelompok Bermain. Jurnal Psikologi, 8.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2022 Algebra : Jurnal Pendidikan, Sosial dan Sains
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.