MOTIVASI BELAJAR SISWA MAN BINJAI PADA PEMBELAJARAN DARING DI MASA PANDEMI COVID-19
DOI:
https://doi.org/10.58432/algebra.v2i3.570Kata Kunci:
COVID-19, Motivation, Pandemic, StudentsAbstrak
Abstract
Due to the COVID-19 virus outbreak, the entire education system in Indonesia has undergone significant changes because all learning must be done online. This study reviews students' learning motivation in online learning during the pandemic when all learning activities are carried out at home. Motivation can grow from yourself and from those around you. During the COVID-19 pandemic, the entire learning system was shifted to online learning methods, causing some disturbances while carrying out the learning process. This, can affect student learning motivation. From the results of the research obtained, there are many obstacles that are felt by students when learning takes place so that students become less enthusiastic when learning.
Keywords: COVID-19, Motivation, Pandemic, Students
Abstrak
Akibat wabah virus COVID-19, seluruh sistem pendidikan di indonesia mengalami perubahan yang cukup signifikan karena semua pembelajaran harus dilakukan secara online atau daring. Penelitian ini meninjau motivasi belajar siswa pada pembelajaran daring selama masa pandemi saat semua aktivitas pembelajaran dilakukan dirumah. Motivasi dapat tumbuh dari diri sendiri maupun dari orang sekitar. Selama pandemi COVID-19, seluruh sistem pembelajaran dialihkan ke metode pembelajaran online sehingga menyebabkan adanya beberapa gangguan saat melaksanakan proses pembelajaran. Hal ini, akan dapat mempengaruhi terhadap motivasi belajar siswa. Dari hasil penelitian yang didapat, banyak sekali kendala yang diraskaan para siswa pada saat pembelajaran berlangsung sehingga membuat para siswa menjadi kurang bersemangat saat belajar.
Kata kunci : COVID-19, Motivasi, Pandemi, Siswa
Unduhan
Referensi
A.M, Sardiman.(2014). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Pers.
Adhetya Cahyani, Iin Diah Listiana, Sari Puteri Deta Larasati. (2020) Motivasi Belajar Siswa SMA Pada Pembelajaran Daring Di Masa Covid-19. Jurnal Pendidikan Islam, 3(1), 123-140.
Arizkylia Yoka Putri , Muhlasin Amrullah. (2021) Learning Strategies at SD Muhammadiyah 1 Candi during the Covid 19 Pandemic, 5381.
Cahyono, A.E.(2018). Identifikasi Faktor Internal Yang Mempengaruhi Motivasi Belajar Mahasiswa IKIP PGRI Jember. Vol. 5 No. 1.
Dewi Sartika.(2014). Pelaksanaan Layanan Informasi Dalam Pencegahan Penyalahgunaan Narkoba Di Sekolah Menengah Pertama Tri Bhakti Pekanbaru. (Skripsi Thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau)
Firdayati, F., dkk.(2016).Pengembangan Media Layanan Informasi Menghadapi Perubahan Masa Pubertas bagi Siswa Sekolah Dasar. Vol.1 No. 4 Hal. 142.
Fitri, Emria, dkk.(2016). Efektivitas layanan informasi dengan menggunakan metode blended learning untuk meningkatkan motivasi belajar. Vol. 2 No.2.
Lia Titi Prawantia, Woro Sumarnib. (2020) Kendala Pembelajaran Daring Selama Pandemic Covid-19. 291 (8), 2686-6404.
Nurfaisal. (2021) Motivasi Belajar Siswa Selama Pandemi Covid-19 Dalam Proses Belajar Dari Rumah. Jurnal Ilmiah MEA, 5(1), 1807.
Widiah, Nabilah Siregar, Nurul Husna Siregar. (2021) Analisis Motivasi Belajar Pada Pembelajaran Daring Di Kelas Xi Mipa Sma Negeri 5 Padangsisdimpuan Pada Masa Pandemi Covid-19. 3 (1) 2685-1784
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2022 Algebra : Jurnal Pendidikan, Sosial dan Sains
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.