PROSES BERPIKIR ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DALAM MENYELESAIKAN MASALAH MATEMATIKA DISEKOLAH INKLUSIF
Kata Kunci:
Proses Berpikir Matematis, Anak Berkebutuhan Khusus, Systematic Literature ReviewAbstrak
Matematika telah diperkenalkan secara resmi pada anak didik di awal sekolahnya demikian juga denfan anak berkebutuhan khusus (ABK) di dalamnya. Penelitian ini mengkaji secara literatur dengan menggunakan systematic literature review terkait bagaimana proses berpikir anak berkebutuhan khusus (ABK). Kriteria literatur yang digunakan pada penelitian ini yaitu berupa artikel jurnal yang terindeks sinta atau google scholar dengan tahun publikasi maksimnal 10 tahun terakhir (2012-2022). Tujuan penelitian ini adalah mengidentifikasi, mengkaji, serta membuat kesimpulan literatur yang relevan dengan bagaimana proses berpikir matematis anak berkebutuhan khusus dalam menyelesaikan masalah matematika. Berdasarkan hasil analisis data dari literatur yang menjadi data penelitian, ABK meliputi kurang mengerti apa yang disampaikan, mudah lupa materi yang diajarkan, malas mengerjakan latihan soal, sulit untuk mengerjakan soal latihan secara mandiri, sering mengeluh dan ABK cenderung pasif saat proses pembelajaran berlangsung. Dengan dilakukannya penelitian ini dapat memberikan informasi terkait bagaimana proses berpikir matematis anak berkebutuhan Khusus (ABK) dalam menyelesaikan masalah matematika serta peluang untuk melakukan penelitian terkait proses berpikir matematis dan anak berkebutuhan khusus.
ABSTRACT Mathematics has been officially introduced to students at the beginning of school as well as children with special needs (ABK) in it. This study examines the literature using a systematic literature review related to how the thinking process of children with special needs (ABK). The literature criteria used in this study are indexed journal articles or Google Scholar with a maximum publication year of the last 10 years (2012-2022). The purpose of this research is to identify, examine, and draw conclusions from the relevant literature on how the mathematical thinking processes of children with special needs solve math problems. Based on the results of data analysis from the literature which became research data, ABK, among others, did not understand what was conveyed, easily forgot the material being taught, was lazy to do practice questions, had difficulty working on practice questions independently, often complained and ABK tended to be grumpy. passive during the learning process. By conducting this research, it can provide information related to the mathematical thinking processes of children with special needs (ABK) in solving mathematical problems as well as opportunities to conduct research related to mathematical thinking processes and children with special needs.
Unduhan
Referensi
Anabanu, Maimunah. Pembelajaran Matematika Anak Berkebutuhan Khusus. Jurnal Syntax Transformation. 2 (3). 354-369.
Ariati, Chelsi. Dadang, J. (2022). Kemampuan Penalaran Matematis: Systematic Literature Review. Lemma: Letters Of Mathematics Education. 8 (2). 61-75.
Depdiknas. (2008). Policy Brief, Sekolah inklusif; Membangun Pendidikan Tanpa Diskriminasi. Jakarta: Pusat Kurikulum, Balitbang Depdiknas.
Hobri , H ., Susanto , HA , Hidayati , A ., Susanto , S ., & Warli , W . (2021). Menggali Proses Berpikir Siswa Tunagrahita Belajar Matematika di Memecahkan Masalah Aritmatika ( 2021 . Jurnal Internasional Pendidikan Matematika , Sains , dan Teknologi ( IJEMST ), 9 ( 3 ).
Labuem, S. (2019). Proses Berpikir Anak Berkebutuhan Khusus ( Slow Learner ) Di Kelas Inklusi Dalam Memecahkan Masalah Matematika the Thinking Process of Children With Special Needs ( Slow Learner ) in Inclusion Classes in. 2 (2010), 43–50.
Permatahati, F. D., Susanto, & Kurniati, D. (2015). Analisis Proses Berpikir Siswa Tuna Grahita Ringan Kelas VIII dalam Menyelesaikan Masalah Pembagian di SMP Inklusi TPA Jember (Analysis of Mild Mental Reterdation Student 8th-Grade’s Thinking Process in Sloving Division Problem in SMP Inklusi TPA Jember). Unej Jurnal Edukasi. 2 (1). 27–31.
Sabaruddin, S., Mansor, R., Rusmar, I., & Husna, F. (2020). Student with special needs and mathematics learning: A case study of an autistic student. JRAMathEdu (Journal of Research and Advances in Mathematics Education). 5 (3). 317–330. https://doi.org/10.23917/jramathedu.v5i3.11192.
Suryadinata, Nurain, Farida Nurul. (2016) Analisis Proses Berpikir Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) Dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Di SMP Inklusi Kota Metro. Aksioma. 5 (1). 94-104.
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suryabrata (2014). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers.
Abdullah, N. (2013). Mengenal Anak Berkebutuhan Khusus. Magistra. No.86. Th. XXV.