PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI APLIKASI ANDROID DI KELAS IX

Penulis

  • Muhammad Riza Hendrawan UIN Sumatera Utara Medan
  • Wahyudin Nur Nasution UIN Sumatera Utara Medan
  • Mara Samin Lubis UIN Sumatera Utara Medan

DOI:

https://doi.org/10.1089/relevan.v2i5.587

Kata Kunci:

Pengembangan, Modul, Aplikasi Android, Perpangkatan dan Bentuk Akar

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menghasilkan produk modul pembelajaran matematika berbasis aplikasi android pada materi perpangkatan dan bentuk akar yang valid, praktis, dan efektif. Penelitian ini menggunakan pengembangan Research and Development (R&D) model ADDIE dengan 5 tahapan yaitu: Analysis, Design, Development, Implementation dan Evaluation. Subjek penelitian ini yaitu peserta didik di kelas IX SMP Islam Terpadu Al-Farabi sebanyak 31 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kevalidan media pembelajaran sebesar 96% dengan kategori sangat valid. Untuk tingkat kepraktisan dari media pembelajaran berdasarkan angket respon peserta didik sebesar 88,25% dengan kategori sangat praktis dan angket respon guru sebesar 100% dengan kategori sangat praktis. Sedangkan untuk tingkat keefektifan dari media pembelajaran berdasarkan hasil ketuntasan belajar peserta didik setelah menggunakan media pembelajaran matematika sebesar 77% dan setelah dilakukan uji-t diperoleh bahwa thitung = 11,57417 dan ttabel = 2,042 sehingga adanya perbedaan yang signifikan antara nilai pre-test dan post-test karena thitung > ttabel begitu juga dengan n-gain diperoleh 0,55 dengan kategori sedang. Dengan demikian modul pembelajaran matematika berbasis aplikasi android dikatakan layak dengan kategori valid, praktis dan efektif.

 

ABSTRACT        This study aims to develop and produce a mathematical learning module product based on an android application on valid, practical, and effective power and root forms. This study uses the development of Research and Development (R&D) ADDIE model with 5 stages, namely: Analysis, Design, Development, Implementation and Evaluation. The subjects of this study were 31 students in class IX of Al-Farabi Integrated Islamic Junior High School. The results showed that the level of validity of the learning media was 96% with a very valid category. For the level of practicality of learning media based on student response questionnaires of 88.25% with a very practical category and teacher response questionnaire of 100% with a very practical category. As for the level of effectiveness of the learning media based on the results of students' learning mastery after using mathematics learning media by 77% and after the t-test it was found that tcount = 11.57417 and ttable = 2.042 so that there is a significant difference between the pretest and posttest scores. because tarithmetic > ttable as well as n-gain obtained 0.55 with a moderate category. Thus the Android application-based mathematics learning module is said to be feasible with valid, practical and effective categories.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Apsari, Putri Nandita, dan Swaditya Riski. (2018). Media Pembelajaran Matematika Berbasis Android Pada Materi Program Linear. Jurnal Pendidikan Matematika Fkip Univ. Muhammadiyah Metro. 7. (1). 161-170.

http://dx.doi.org/10.24127/ajpm.v7i1.1357

Damayanti, Almira Eka, Imam Syafei, dan Dkk. (2018). Kelayakan Media Pembelajaran Fisika Berupa Buku Saku Berbasis Android pada Materi Fluida Statis. Indonesian Journal of Science and Mathematics. 1. (1). 63-70.

https://doi.org/10.24042/ijsme.v1i1.2476

Fajriyah, Euis. (2018). Peran Etnomatematika Terkait Konsep Matematika Dalam Mendukung Literasi. Jurnal Pri SMP, Prosiding Seminar Nasional Matematika. 7. (1). 40-49.

https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/article/view/19589

Hidayatullah, Fabri, dan Kuswari Hernawati. (2018). Pengembangan Aplikasi Androis “Probymath” Untuk Pembelajaran Materi Peluang Smp/MTs Kelas VIII. Jurnal Pendidikan Matematika. 7 (2). 1-23.

https://journal.student.uny.ac.id/index.php/jpm/article/view/10546/10083

Jaya, Indra dan Ardat. (2017). Penerapan Statistik Untuk Pendidikan. Bandung: Ciptapustaka Media Perintis.

Mubarok, Muhammad Ulil dan Umy Zahroh. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika dengan Power Point VBA pada Materi Sistem Persamaan Linier Tiga Variabel. Prosiding Seminar Nasional Integrasi Matematika dan Nilai Islami. 2. (1). 38-45.

http://conferences.uin-malang.ac.id/index.php/SIMANIS/article/view/691

Majdi, Muhammad Kamal, Bambang Subali dan Sugianto. (2018). Peningkatan Komunikasi Ilmiah Siswa SMP melalui Model Quantum Learning One Day One Question berbais Daily Life Science Question. Unnes Physics Educational Journal. 7. (1). 82-90.

https://doi.org/10.15294/upej.v7i1.22479

Muhtadi, Dedi, dan Sukirwan. (2017). Implementasi Pendidikan Matematika Realistik (PMR) Untuk Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kreatif Matematis Dan Kemandirian Belajar Peserta Didik. Jurnal “Mosharafa”. 6. (1). 1-16.

https://doi.org/10.31980/mosharafa.v6i1.289

Rangkuti, Ahmad Nizar. (2016). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, PT dan Penelitian Pengembangan). Bandung: Cita Pustaka Media.

Rohmaini, Luthvia, Netriwati, Komarudin, dan Dkk. (2020) Pengembangan Modul Pembelajaran Matematika Berbasis Etnomatematika Berbantuan Wingeom Berdasarkan Langkah Borg And Gall. Jurnal Teorema: Teori Dan Riset Matematika. 5. (2). 176-186.

http://dx.doi.org/10.25157/teorema.v5i2.3649

Suastika, I Ketut, dan Amaylya Rahmawati. (2019). Pengembangan Modul Pembelajaran Matematika dengan pendekatan kontekstual. Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia. 4. (2). 58-61.

https://dx.doi.org/10.26737/jpmi.v4i2.1230

Sugandi, Muhammad Kurnia dan Abdur Rasyid. (2019). Pengembangan Multimedia Adobe Flash Pembelajaran Biologi Melali Project Based Learning untuk Meningkatkan Kreativitas Siswa pada Konsep Ekosistem. Biodeik: Jurnal Pendidikan Ilmiah 5. (3). 181-196.

https://doi.org/10.22437/bio.v5i3.7869

Sugiono. (2018). Metode Penelitian Pendidikan, Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Unduhan

Diterbitkan

31-10-2022

Cara Mengutip

Hendrawan, M. R., Nasution, W. N. ., & Lubis, M. S. . (2022). PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI APLIKASI ANDROID DI KELAS IX. Relevan : Jurnal Pendidikan Matematika, 2(5), 596–604. https://doi.org/10.1089/relevan.v2i5.587