KOMUNIKASI INTERPERSONAL ORANG TUA BAGI ANAK PECANDU GAME FREE FIRE DI SDN 056018 BATANG SERANGAN

Penulis

  • Taufik Idris UIN Sumatera Utara Medan
  • Abdul Rasyid UIN Sumatera Utara
  • Khoirul Jamil UIN Sumatera Utara

DOI:

https://doi.org/10.58432/algebra.v2i4.663

Kata Kunci:

Komunikasi Interpersonal, Orang tua, Anak, Game Online.

Abstrak

ABSTRAK

Komunikasi interpersonal merupakan sebuah proses penyampaian informasi baik antara seseorang dengan orang lain atau seseorang dengan kelompok kecil yang tentu saja mempengaruhi terjadinya komunikasi yang dilakukan. Hal ini dapat menjadi dasar dari penelitian ini dan dapat didefinisikan bahwa pemikiran ini tentang poin untuk mengetahui bagaimana proses komunikasi yang dilakukan antara orang tua dengan anak yang ketergantungan bermain game online. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif deskriptif, yaitu mengumpulkan informasi secara spesifik dan menganalisis semua data dari berbagai sumber dalam menyusun untuk menyediakan informasi yang muncul dan memberikan realitas terkait dengan bagaimana proses komunikasi interpersonal antara orang tua pada anak yang bergantung pada game online FreeFire di SDN 056018 Batang Serangan Langkat. Dengan menggunakan teknik analisis data berupa triangulasi metode yang dimana digunakan untuk menggali kebenaran infomasi dengan berbagai sumber data dengan cara yang berbeda seperti dokumen, hasil observasi maupun hasil wawancara. Maka didapatkan hasil bahwa proses komunikasi interpersonal yang digunakan dapat berupa proses komunikasi dua arah dimana pada saat proses tersebut para orang tua memberikan pesan, informasi atau memberikan wejangan guna mendidik anak, sehingga sang anak yang merupakan komunikan dapat menerima pesan maupun informasi dengan baik dan dapat memberikan feedback.

Kata Kunci : Komunikasi Interpersonal; Orang tua; Anak; Game Online.

 

ABSTRACT

Interpersonal communication is a process of delivering information either between a person and another person or someone with a small group which of course affects the occurrence of communication. This can be the basis of this research and it can be defined that this thinking is about the point to find out how the communication process is carried out between parents and children who are addicted to playing online games. The method used is descriptive qualitative method, which collects information specifically and analyzes all data from various sources in compiling to provide information that appears and provides reality related to how the interpersonal communication process between parents and children who depend on FreeFire online games at SDN 056018 Rare Attack Rod. By using data analysis techniques in the form of triangulation methods which are used to explore the truth of information with various data sources in different ways such as documents, observations and interviews. Then it was found that the interpersonal communication process used could be a two-way communication process where at the time of the process the parents gave messages, information or gave advice to educate children, so that the child who is the communicant can receive messages and information properly and can provide feedback.                                                

Keywords: Interpersonal Communication; Parent; Child; Online game

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Angela. 2013. Pengaruh Game Online Terhadap Motivasi Belajar Siswa SDN 015 Kelurahan Sidomulyo Kecamatan Samarinda Ilir. E-journal Ilmu Komunikasi, 1(2) : 532-544.

Arikunto, Suharsimi. 2016. Prosedur Penelitian : Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : Rineka Cipta.

Aw, Suranto. 2011. Komunikasi Interpersonal. Yogyakarta : Graha Ilmu.

Djamil, Nasir M. 2013. Anak Bukan Untuk Dihukum. Jakarta : Sinar Grafika.

Effendy, Onong Uchjana. 2002. Ilmu Komunikasi Teori dan Praktek. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.

Faisal, Sanapiah. 2005. Format-Format Penelitian Sosial. Rajawali Pers, Jakarta.

Filder, Roger. 2003. Mediamorfosis : Memahami Media Baru. Yogyakarta : Bentang Budaya.

Hardiansyah, Masya dan Adi, Dian Candra. 2016. “Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Perilaku Gangguan Kecanduan Game Online pada Peserta Didik Kelas X di Madrasah Aliyah Al Furqon Prabumulih Tahun Pelajaran 2015/2016”. E-Journal Bimbingan dan Konseling.

Mansur. 2005. Pendidikan Anak Usia Dini Dalam Islam. Yogyakarta : Pustaka Pelajar

Mulyana, Deddy. 2000. Ilmu Komunikasi, Suatu Pengantar. Bandung : remaja Rosadakarya

Mulyana, Deddy. 2010. Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar, Cet. XIV. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.

Ritzer, George-Douglass J. Goodman. 2007. Teori Sosiologi Modern. Jakarta : Kencana Predana Media Group.

Wiryanto. 2004. Pengantar Ilmu Komunikasi. Jakarta : PT. Gramedia Widasarana Indonesia

Yuwanto, L. 2010. Mobile Phone Addict. Surabaya : Putra Media Nusantara.

Unduhan

Diterbitkan

29-12-2022