PENGEMBANGAN APLIKASI GRAPHICAL USER INTERFACE PADA MATLAB DALAM MENENTUKAN AKAR-AKAR PERSAMAAN KUADRAT
DOI:
https://doi.org/10.1089/relevan.v2i4.552Kata Kunci:
GUI, Akar-akar Persamaan Kuadrat, MatlabAbstrak
Pemahaman siswa tentang materi matematika khususnya persamaan kuadrat sangatlah minim karena masih ditemukan guru yang menggunakan metode pembelajaran teacher center learning dalam proses pembelajarannya, sehingga perlunya pengembangan media pembelajaran untuk membantu dan mempermudah siswa dalam memahami materi yang dipelajari. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengembangkan aplikasi Graphical User Interface (GUI) dalam menentukan akar-akar persamaan kuadrat. Penelitian ini menggunakan penelitian pengembangan dengan model pengembangan ADDIE melalui tahapan analysis, design, development, implementation, dan evaluation. Hasil penelitian disimpulkan bahwa Aplikasi GUI Matlab layak oleh ahli media dari segi tampilan, fungsi dan kesesuaian sajian sebesar 83,33%, 90% dan 85%, praktis pada presentase penilaian 92,5% dan 90,42%, dan efektif mencapai 100%.
ABSTRACK Students' comprehension of a mathematics lesson, especially quadratic equations, is minimal because there are still teachers who use teacher center learning methods in their learning process, so it is necessary to develop learning media to help and facilitate students in understanding the material being studied. This study aims to develop a Graphical User Interface (GUI) application to determine the roots of a quadratic equation. This study uses development research with the ADDIE development model through the stages of analysis, design, development, implementation, and evaluation. The results of the study concluded that the MATLAB GUI application was feasible by media experts in terms of appearance, function, and suitability of the presentation of 83.33%, 90%, and 85%, practical at 92.5%, and 90.42% assessment percentages, and effectively reached 100%.