PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD BERBANTUAN APLIKASI QUIZIZZ TERHADAP HASIL BELAJAR
Kata Kunci:
Kooperatif Tipe STAD, Hasil Belajar, QuizizzAbstrak
Penelitian yang telah dilakukan untuk melihat hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran matematika di sekolah. Berkembangnya pendidikan tidak terlepas dari yang namanya pengetahuan dan teknologi. Oleh karena itu peneliti berharap adanya media dengan menggunakan HP dapat membuat pembelajaran aktif dan meningkatkan hasil belajar siswa. Metode penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan jenis penelitian eksperimen semu dengan metode kuantitatif. Adapun populasi dari peneliti ini yaitu peserta didik SMA Swasta PABA Binjai dengan sampel 21 siswa kelompok eksperimen dan 22 siswa kelas kontrol. Hasil dari penelitian ini adalah besarnya pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan hasil koefisien determinan sebesar 0,44 atau 44% dengan kategori sedang jika dipresentase kan. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya pengaruh terhadap penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Team Achievement Division) terhadap hasil belajar siswa. Serta hasil hipotesis t-hitung > t-table yaitu 2,46977 > 2,01954097. Oleh karena itu penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD berpengaruh terhadap hasil belajar peserta didik pada materi Operasi Matriks kelas XI di SMA Swasta PABA Binjai.
ABSTRACT The research that has been conducted to see the learning outcomes of students in mathematics subjects in schools. The development of education is inseparable from what is called knowledge and technology. Therefore, researchers hope that the existence of media using cellphones can make learning active and improve student learning outcomes. This research method was carried out using a quasi-experimental research type with a quantitative method. The population of this researcher is students of SMA Swasta PABA Binjai with a sample of 21 students in the experimental group and 22 students in the control class. The results of this study are the magnitude of the influence of the STAD type cooperative learning model with a determinant coefficient of or with a moderate category if presented. The results of this study indicate an influence on the application of the STAD (Student Team Achievement Division) type cooperative learning model on student learning outcomes. And the results of the hypothesis are . Therefore, the application of the STAD type cooperative learning model has an effect on student learning outcomes in the Matrix Operation material for class XI at SMA Swasta PABA Binjai.
Unduhan
Referensi
Abubakar, H. R. I. (2021). Pengantar metodologi penelitian. SUKA-Press UIN Sunan Kalijaga.
Akmilunnisa, F (2019) Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Thinking Aloud Pair Problem Solving (TAPPS) Berbasis Aplikasi Quizizz Pada Kemampuan Penalaran Dan Komunikasi Matematik (Penelitian terhadap Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 10 Tasikmalaya)
Auliya, R. U. (2018). Teori Behavioral Dalam Perspektif Bimbingan Konseling Islam. Jurnal Al-Taujih: Bingkai Bimbingan Dan Konseling Islami, 4(1), 61-75.
Ayu, S., Ardianti, S. D., & Wanabuliandari, S. (2021). Analisis Faktor Penyebab Kesulitan Belajar Matematika. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(3), 1611. https://doi.org/10.24127/ajpm.v10i3.3824
Islamiyah, F. (2024). Efektivitas Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad Terhadap Hasil Belajar Materi Sistem Pernapasan Manusia Pada Siswa Kelas Viii Smp Islam Miftahul Ulum. 3601415004.
Maya, D. (2024). Pengaruh Penggunaan Model Problem Based Learning Berbantuan Aplikasi Quizizz Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Ipas Siswa Di Sekolah Dasar (Penelitian Kuasi Eksperimen Di Kelas V SDN 042 Gambir) (Doctoral dissertation, FKIP UNPAS).
Mutiaramses, Neviyarni, & Murni, I. (2023). Peran Guru Dalam Pengelolaan Kelas Terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Al-Amin, 2(2), 208–224. https://doi.org/10.54723/ejpgmi.v2i2.104
Rahmadian, I. (2023). Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad Berbantuan Quizizz Untuk Meningkatkan Keterampilan Kolaborasi Siswa (Doctoral Dissertation, Universitas Pendidikan Indonesia).
Rifa’i, M. H., Jalal, N. M., Sudarmaji, I., Lubis, N. F., Hudiah, A., Fachrurrozy, A., ... & Mangsi, R. (2022). Model Pembelajaran Kreatif, Inspiratif, dan Motivatif. Yayasan Wiyata Bestari Samasta.
Rismatio, S. F. (2024). Pengaruh Model Discovery Learning Berbantuan Aplikasi Quizizz Terhadap Hasil Belajar Ipa Materi Siklus Air Di Kelas V SDN Dayeuhkolot 02 (Doctoral Dissertation, FKIP UNPAS).
Royani, Ansori, A. Z., Bisri, H., & Suntana, I. (2023). Motivasi Dan Tujuan Filosofis Sistem Ekonomi Syariah. AL-AFKAR:Journal for Islamic Studies, 6(3), 562–570. https://doi.org/10.31943/afkarjournal.v6i3.698.Motivation
Sahir, S. H. (2021). Metodologi Penelitian. Penerbit KBM Indonesia.
Salsabila, U. H., Habiba, I. S., Amanah, I. L., Istiqomah, N. A., & Difany, S. (2020). Pemanfaatan Aplikasi Quizizz Sebagai Media Pembelajaran Ditengah Pandemi Pada Siswa SMA. Jurnal Ilmiah Ilmu Terapan Universitas Jambi|JIITUJ|, 4(2), 163–173. https://doi.org/10.22437/jiituj.v4i2.11605
Santika, I. G. N., Suarni, N. K., & Lasmawan, I. W. (2022). Analisis Perubahan Kurikulum Ditinjau Dari Kurikulum Sebagai Suatu Ide. Jurnal Education and Development, 10(3), 694–700.
Sartika Juniarnita, A., Kurnia M, F., & Anjani, N. (n.d.). MONETA : Jurnal Manajemen & Keuangan Syariah PENGARUH PERPUTARAN PERSEDIAAN TERHADAP RETURN ON ASSETS PADA PT. INDO ACIDATAMA, Tbk. Jurnal Manajemen Dan Keuangan Syariah, 1–11. https://ejurnal.iainpare.ac.id/index.php/Moneta
Setiawan, A. S., Awaludin, M., & Ferianto, F. (2024). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD dalam Pembelajaran Fiqh di Madrasah Ibtidaiyah. Mitra PGMI: Jurnal Kependidikan MI, 7(2), 121–127.
Setyawarno, D. (2017). Penggunaan AplikasiSoftware Iteman (Item and Test Analysis) untuk Analisis Butir Soal Pilihan Ganda Berdasarkan Teori Tes Klasik. Jurnal Ilmu Fisika Dan Pembelajarannya (JIFP), 1. https://doi.org/10.24246/j.js.2022.v12.i2.p81-88
Sitorus, D. S., & Santoso, T. N. B. (2022). Pemanfaatan Quizizz Sebagai Media Pembelajaran Berbasis Game Pada Masa Pandemi Covid-19. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 12(2), 81–88.
Sukmawati, E., ST, S., Keb, M., Fitriadi, H., Pradana, Y., Dumiyati, M. P., ... & Kasmanto Rinaldi, S. H. (2022). Digitalisasi sebagai pengembangan model pembelajaran. Cendikia Mulia Mandiri.
Zahwa, F. A., & Syafi’i, I. (2022). Pemilihan Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi. Equilibrium: Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Ekonomi, 19(01), 61–78. https://doi.org/10.25134/equi.v19i01.3963