EFEKTIVITAS KOMUNIKASI INTERPERSONAL PEMBELAJARAN DALAM JARINGAN MAHASISWA

Penulis

  • Dewa Hamanda UIN Sumatera Utara
  • Anang Anas Azhar UIN Sumatera Utara
  • Jufri Naldo UIN Sumatera Utara

DOI:

https://doi.org/10.58432/algebra.v3i3.879

Kata Kunci:

Komunikasi Interpersonal, Pembelajaran dalam Jaringan, WhatsApp

Abstrak

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana Efektivitas Komunikasi Interpersonal dalam Pembelajaran yang berlaku selama proses pembelajaran berlangsung melalui aplikasi WhatsApp di Fakultas Ilmu Sosial Universitas Islam Negeri Sumatera Utara. Karena adanya perbedaan dari cara mengajar yang biasanya dilakukan secara langsung kini dilakukan melalui dalam jaringan yang salah satunya adalah aplikasi WhatsApp. Dengan metode penelitian deskriptif Kualitatif peneliti mendapatkan sumber informasi melalui para mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial Stambuk 2017, dengan menggunakan teori keterlibatan interaksi yang digagas oleh Erving Goffman. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa, komunikasi interpersonal yang dilakukan menggunakan aplikasi WhatsApp dapat berjalan dengan optimal sebagai pengganti komunikasi yang biasanya dilakukan secara tatap muka, namun untuk komunikasi pembelajaran Daring (Dalam Jaringan) melalui WhatsApp dianggap kurang efektif karena terdapat hambatan pada komunikasi pembelajaran melalui aplikasi WhatsApp yang dapat mengurangi efektivitas dalam kegiatan pembelajaran.

Kata Kunci : Komunikasi Interpersonal, Pembelajaran Dalam Jaringan, WhatsApp

 

ABSTRACT

This research aims to determine the extent to which the effectiveness of interpersonal communication in learning applies during the learning process via the WhatsApp application at the Faculty of Social Sciences, North Sumatra State Islamic University. Because there is a difference from the way teaching is usually done in person, it is now done via a network, one of which is the WhatsApp application. Using the qualitative descriptive research method, researchers obtained sources of information through students at the Faculty of Social Sciences, Stambuk 2017, using the theory of interaction involvement initiated by Erving Goffman. The results of this research show that interpersonal communication carried out using the WhatsApp application can run optimally as a substitute for communication which is usually carried out face-to-face, however for online learning communication via WhatsApp it is considered less effective because there are obstacles to learning communication through the application WhatsApp which can reduce effectiveness in learning activities.

Keywords: Interpersonal Communication, Network Learning, WhatsApp

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Basrowi & Suwandi. (2008). Memahami Penelitian Kualitatif. Jakarta: Rineka Cipta.

Brislin, R. & Tomoko Y,. (1994), Intercultural Communication Training : An Introduction. California : Thousand Oaks

Budyatma. M. & Leila M. G. (2014). Teori Komunikasi Antarpribadi. Jakarta: Kencana.

Hanani, Silfia. (2017). Komunikasi Antarpribadi (Teori dan Praktik). Yogyakarta : Ar-Ruzz Media.

Hikmat, M. M. (2011). Metode Penelitian dalam Perspektif Ilmu Komunikasi dan Sastra. Yogyakarta : Graha Ilmu.

Larry A. S. & Richard E. P. (2000). ed. Intercultural Communication :A Reader. Edisi ke-9. Belmont : Wadsworth.

Liliweri, Alo. (2017). Komunikasi Antar Personal. Jakarta :Kencana.

Moleong, L. (2014). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Mulyana, Deddy. (2004). Komunikasi Efektif (Suatu Pendekatan Lintasbudaya). Bandung : PT. Remaja Rosadakarya.

Mulyana, Deddy. (2011). Ilmu Komunikasi (suatu pengantar). Bandung : PT. Remaja Rosadakarya.

Nofrion. (2018). Komunikasi Pendidikan (penerapan teori dan konsep komunikasi dalam pembelajaran). Jakarta : Kencana

Nurdin, Ali. (2020). Teori Komunikasi Interpersonal (Disertai Contoh Fenomena Praktis). Jakarta : Kencana.

Nurhadi, Z. F. (2017). Teori Komunikasi Kontemporer. Jakarta : Kencana.

Salim & Haidir. (2019). Penelitian Pendidikan (Metode, pendekatan dan jenis). Jakarta : Kencana.

Setiawi & Chudari. (1995). Bimbingan dan Konseling. Bandung : UPI Press.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kombinasi (Mix Methods). Bandung : Alfabeta.

Sujarweni, V. W. (2014). Metodologi Penelitian. Yogyakarta : Pustaka Baru Press.

Supratiknya. (1995), Komunikasi Antarpribadi. Yogyakarta : Kanisius.

Sutopo. (2006). Metodologi Penelitian Kualitatif. Surakarta: UNS

Timotius, K. H. (2017). Pengantar Metodologi Penelitian. Yogyakarta : Andi Ofset.

Verderber, K, S, Verderber, R. E. & Berryman, C. (2007). Inter- Act : Interpersonal Communication Concepts, Skills, and Contexts. 11 edition. Oxford University Press.

Unduhan

Diterbitkan

12-09-2023