EFEKTIVITAS LAYANAN ORIENTASI SECARA DARING DAN LURING TERHADAP PENYESUAIAN DIRI SISWA DI MAN KISARAN
DOI:
https://doi.org/10.58432/algebra.v2i4.722Kata Kunci:
Layanan Orientasi, Luring, Daring, Penyesuaian DiriAbstrak
ABSTRAK
Penyesuaian diri adalah kemampuan individu untuk menyikapi dan mengatasi hal-hal baru yang membangun hubungan yang baik dan serasi antara individu dengan lingkungan disekitarnya. Pelaksanaan layanan orientasi secara daring tetap dilaksanakan oleh guru BK melalui aplikasi konseling walaupun terdapat beberapa kendala yang harus dialami oleh guru BK dan siswa itu sendiri. penyesuaian diri layanan orientasi secara luring dan daring itu dilaksanakan secara berbeda, terdapat beberapa kendala saat melaksanakan layanan orientasi pada masa pandemi seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya. Namum guru BK tetap memberikan layanan BK karena kodrat guru BK adalah mengentaskan permasalahan siswa, baik dalam belajar, pengenalan lingkungan, penyesuaian diri siswa terhadap teman dan lingkungan sekitar, dan lain sebagainya. Penelitian ini dilaksanakan di MAN Kisaran. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif korelasional. Populasi penelitiannya adalah 120 siswa dan sampelnya adalah 89 siswa. metode pengumpulan data yang digunakan yaitu angket atau kuesioner, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji normalitas, uji homogenitas, uji linearitas dan uji hipotesis. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis diperoleh nilai sig. F Change < 0,05 (0,000 < 0,05). Ho pada penelitian ini ditolak dan Ha diterima. Artinya layanan orientasi secara luring dan daring efektif terhadap penyesuaian diri siswa di MAN Kisaran. Dan dari hasil pengujian hipotesis tersebut dapat dikatakan bahwa data tersebut berkolerasi sedang.
Kata Kunci : Layanan Orientasi; Luring; Daring; Penyesuaian Diri;
ABSTRACT
Self-adjustment is the individual's ability to respond to and overcome new things that build a good and harmonious relationship between the individual and the surrounding environment. The implementation of online orientation services is still carried out by BK teachers through counseling applications, although there are several obstacles that must be experienced by BK teachers and students themselves. the adjustment of offline and online orientation services was carried out differently, there were several obstacles when carrying out orientation services during the pandemic as described previously. However, BK teachers continue to provide BK services because the nature of BK teachers is to alleviate student problems, both in learning, introduction to the environment, adjustment of students to friends and the surrounding environment, and so on. This research was conducted at MAN Kisaran. This research uses correlational quantitative method. The research population is 120 students and the sample is 89 students. Data collection methods used are questionnaires or questionnaires, observation and documentation. Data analysis techniques used are normality test, homogeneity test, linearity test and hypothesis testing. Based on the results of hypothesis testing, the value of sig. F Change < 0.05 (0.000 < 0.05). Ho in this study is rejected and Ha is accepted. This means that offline and online orientation services are effective for students' adjustment at MAN Kisaran. And from the results of testing the hypothesis, it can be said that the data is moderately correlated.
Keywords: Orientation Service; Offline; Online; Adjustment;
Unduhan
Referensi
Agustiani. Hendra. 2006. Psikologi Perkembangan Pendekatan Ekologi Kaitannya Dengan Konsep Diri Dan Penyesuaian Diri Pada Remaja. Bandung: Refika Aditama
Asih. Windi. 2021. Kreativitas Guru Bk Dalam Pelaksanaan Layanan Dasar Bimbingan Konseling Pada Pembelajaran Daring Di SMA Negeri 10 Bandar Lampung. Skripsi : UIN Raden Intan Lampung
Bilfaqih. Yusuf. 2015. Esensi Pengembangan Pembelajaran Daring. Yogyakarta : Deepublish
Darkrina. Sri. 2020. Pengaruh Layanan Orientasi Terhadap Penyesuaian Diri Siswa SMP Insan Madani Kabupaten Aceh Selatan. Skripsi : Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh
Desmita. 2009. Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bandung : Remaja Rosda Karya
Erwan, Rio, dkk. 2020. Pembelajaran Daring dan Luring pada Masa Pandemi Covid-19, Gagasan Pendidikan Indonesia
Fauziyah. Nureza. 2022. Dampak Covid-19 Terhadap Efektivitas Pembelajaran Daring Pendidikan Islam,Al-Mau’Izhoh 2, Nomor. 2
Hadisi dan Muna. 2015. Pengelolaan Tekonologi Informasi Dalam Menciptakan Model Inovasi Pembelajaran (e-learning),jurnal Al-At’dib
Imron, Ali. 2012. Manajemen Peserta Didik Berbasis Sekolah. Jakarta: Bumi Aksara
Margareta. Yulina. Analisis Penyesuaian Diri Dalam Belajar Online Masa Pandemi Covid-19 Siswa Kelas X SMAN 1 Sekadau. Bikons: Jurnal Bimbingan Konseling ISSN : 2808-733X. Vol.2 No. 1 April 2022
Prayitno. 2007. Layanan Orientasi Terapan. Jakarta : Gramedia
Ramlah. Pentingnya Layanan Bimbingan Konseling Bagi Peserta Didik. Jurnal Al-Mau’izhah Volume 1 Nomor 1 September 2018.
Ridwan. 1998. Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Jakarta : Pustaka Belajar
Saputra, dkk. 2020. Elaborasi Bimbingan Dan Konseling Pada Pendidikan Non Formal Sebagai Wadah Self Development Di Tengah Kondisi Pandemi Covid-19, Prosiding Seminar Bimbingan …, Nomor 5
Syafaruddin, dkk. 2019. Dasar-Dasar Bimbingan dan Konseling Telaah Konsep, Teori dan Praktik, Medan : Perdana Publishing
Tohirin. 2007. Bimbingan dan Konseling di Sekolah dan Madrasah (Berbasis Integrasi), Jakarta : Raja Grafindo Persada
……… 2011. Bimbingan dan Konseling di Sekolah dan Madrasah (Berbasis Integrasi). Jakarta: Raja Grafindo Persada
Walgito. Bimo. 2003. Psikologi Sosial. Yogyakarta : Andi Offset
Willis. Sofyan. 1986. Problema Remaja dan Pemecahannya. Bandung: Angkasa
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2022 Algebra : Jurnal Pendidikan, Sosial dan Sains
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.