HAKIKAT PENDIDIKAN ISLAM (TARBIYAH, TA’LIM DAN TA’DIB)
DOI:
https://doi.org/10.58432/algebra.v2i4.721Kata Kunci:
Pendidikan Islam, tarbiyah, ta’lim, ta’dib.Abstrak
ABSTRAK
Tujuan dari tulisan ini adalah untuk mengetahui tarbiyah, ta’lim dan ta’dib. Berbeda konsep dan ide menunjukkan bahwa isu-isu dalam pendidikan Islam adalah tak ada habisnya. Perkembangan peradaban manusia dan temuan baru di bidang ini akan mempengaruhi arah, orientasi, bentuk dan system dari pendidikan Islam. Hal ini membawa para pendidik untuk melihat secara mendalam konsep pendidikan yang telah aplikatif dan dapat diandalkan untuk beberapa waktu. Penggunaan istilah ‘tarbiah, meskipun sudah meluas digunakan, tampaknya menjadi masalah kontroversial. Beberapa Islam kontemporer para pendidik cenderung menggunakan istilah ta’dib daripada tarbiyah. Di dalamnya struktur konseptual ta’dib telah mencakup unsur-unsur ilmu pengetahuan (‘Ilm), pengajaran (ta’lim) dan pendidikan yang baik (tarbiyah). Oleh karena itu, ta'dib adalah istilah yang paling tepat dan tepat untuk menunjukkan pendidikan Islam
Kata kunci: Pendidikan Islam, tarbiyah, ta’lim, ta’dib.
ABSTRACT
The purpose of this paper is to know tarbiyah, ta'lim and ta'dib. Different concepts and ideas show that the issues in Islamic education are endless. The development of human civilization and new findings in this field will influence the direction, orientation, form and system of Islamic education. This brings educators to take an in-depth look at educational concepts that have been applicable and reliable for some time. The use of the term 'tarbiah, although it is widely used, seems to be a controversial issue. Some contemporary Islamic educators tend to use the term ta'dib rather than tarbiyah. In it the conceptual structure of ta'dib includes elements of science ('Ilm), teaching (ta'lim) and good education (tarbiyah). Therefore, ta'dib is the most appropriate and appropriate term to denote Islamic education
Keywords: Islamic education, tarbiyah, ta'lim, ta'dib.
Unduhan
Referensi
Haris Hermawan M.Ag, Filsafat Pendidikan Islam, 2009: Departemen Agama Republik Indonesia
Prof. Dr. H. A. Yunus, Drs., SH., MBA., M.Si. dan Dr. E. Kosmajadi, S.Ag.,M.M.Pd., Filsafat Pendidikan Islam, 2015: Unit Penerbitan Universitas Majalengka
Dr. Rahmat Hidayat, MA dan Henni Syafriana Nasution, MA, Filsafat Pendidikan Islam, Membangun Konsep Dasar Pendidikan Islam, 2016: LPPPI, Medan
Asrori Rusman, Filsafat Pendidikan Islam, Sebuah Pendekatan Filsafat Islam Klasik, 2020: Pustaka Learning Center, Malang, Hal. 6-7
Azizah Hanum OK, M.Ag, Filsafat Pendidikan Islam, (sebuah pengantar), 2018: Cv. Scientifik Corner Publishing, Medan hal. 5-6
Afifuddin Harisah, Filsafat Pendidikan Islam, Prinsip dan Dasar Pengembangan, 2018: Deepublish, Yogyakarta. Hal. 23-29
Al Urwatul Wutsqa: Volume 1, No. 1; Juni 2021 | 14
Ulumuddin: Jurnal Ilmu-ilmu Keislaman, Vol. 10, No. 2, Desember 2020
Jurnal Ilmiah DIDAKTIKA Agustus 2011VOL. XII NO. 1, 106-122
Nazhruna: Jurnal Pendidikan Islam, Vol. 1 No 1 Maret 2018. Issn: 2614-8013. Hal. 37-60
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2022 Algebra : Jurnal Pendidikan, Sosial dan Sains
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.