PENERIMAAN DIRI REMAJA BROKEN HOME MELALUI PENDEKATAN KONSELING KELOMPOK RATIONAL EMOTIVE BEHAVIOUR THERAPY

PENERIMAAN DIRI REMAJA BROKEN HOME MELALUI PENDEKATAN KONSELING KELOMPOK RATIONAL EMOTIVE BEHAVIOUR THERAPY

Penulis

  • humaira mustika Universitas Negeri Padang
  • Netrawati Universitas Negeri Padang
  • Yeni Karneli Universitas Negeri Padang

DOI:

https://doi.org/10.58432/algebra.v2i4.666

Abstrak

ABSTRAK

Artikel ini bertujuan untuk memaparkan kajian tentang penerimaan diri remaja melalui pendekatan konseling kelompok yaitu dengan mengunakan pendekatan Rational Emotive Behaviour Therapy (REBT). Bimbingan dan konseling memiliki beberapa layanan dalam membantu siswa mengentaskan masalah pada Remaja Broken Home salah satu layanan yang digunakan guru BK adalah layanan konseling kelompok dalam pendekatan Rational Emotive Behaviour Therapy (REBT) yang bertujuan untuk membantu penerimaan diri remaja broken home.Berdasarkan penelitian literature studi pustaka mengenai Rational Emotive Behaviour Therapy dalam Membantu Penerimaan Diri Remaja Broken Home Melalui Pendekatan Rational Emotive Behaviour Therapy yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa : Hasil dari proses Penelitian literature studi pustaka dengan pendekatan Rational Emotive Behaviour Therapy dalam Meningkatkan Penerimaan Diri Remaja Broken Home Melalui Pendekatan Rational Emotive Behaviour Therapy mampu mengatasi penerimaan diri negatif yang diakibatkan oleh keluarganya yang mengalami broken home sehingga membuat pola pikir konseli irrasional menjadi pola pikir yang logis dan rasional sehingga konseli dapat lebih tenang dalam menjalani dan menerima kondisi keluarganya yang sekarang.

Kata Kunci : Penerimaan Diri Remaja Broken Home, Pendekatan Konseling Kelompok (REBT)

 

ABSTRACT

This article aims to describe the study of adolescent self-acceptance through a group counseling approach using the Rational Emotive Behavior Therapy (REBT) approach. Guidance and counseling has several services in helping students overcome problems in Broken Home Teens. One of the services used by BK teachers is group counseling services in the Rational Emotive Behavior Therapy (REBT) approach which aims to help self-acceptance of broken home teenagers. Based on literature research, literature studies Regarding Rational Emotive Behavior Therapy in Helping Self-Acceptance of Broken Home Adolescents Through the Rational Emotive Behavior Therapy Approach that has been carried out, it can be concluded that: The results of the literature research process using the Rational Emotive Behavior Therapy approach in Improving Self-Acceptance of Broken Home Teens Through the Rational Emotive Approach Behavior Therapy is able to overcome the negative self-acceptance caused by his family experiencing a broken home so as to make the counselee's irrational mindset into a logical and rational mindset so that the counselee can be more calm. g in living and accepting the current condition of his family.

Keywords: Broken Home Adolescent Self-Acceptance, Group Counseling Approach (REBT)

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Corey G. (2010).Theory and Practice of Group Counseling. Eighth Edition. Canada: Cole Cengage Learning.

Corey. (2009). Theory And Practice Of Counseling And Psychotherapy (Edisi 8).Belmont : Thomson

Creswell, John W. (2014). Reseach Design Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed Yogyakarta. Pustaka Belajar

Dewa Ketut Sukardi. (1985).Pengantar Teori Konseling, (Jakarta: Ghalia Indonesia,

Gunarsah,Singgih (1992). Konseling dan Psikoterapi, Jakarta : BPK, Gunung Mulia

Natawidjaya, Rochman (2009). Konseling Kelompok Konsep dan Dasar Pendekatan, (Bandung : Rizqi Press

Prayitno, (2004). Layanan Bimbingan Kelompok dan Konseling Kelompok, (Padang: Universitas Negeri Padang

Willis, Sofyan (2011). Konseling Keluarga ,(Bandung: Alfabeta: BPK, Gunung Mulia

Unduhan

Diterbitkan

29-12-2022