PENERIMAAN DIRI REMAJA BROKEN HOME MELALUI PENDEKATAN KONSELING KELOMPOK RATIONAL EMOTIVE BEHAVIOUR THERAPY
PENERIMAAN DIRI REMAJA BROKEN HOME MELALUI PENDEKATAN KONSELING KELOMPOK RATIONAL EMOTIVE BEHAVIOUR THERAPY
DOI:
https://doi.org/10.58432/algebra.v2i4.666Abstrak
ABSTRAK
Artikel ini bertujuan untuk memaparkan kajian tentang penerimaan diri remaja melalui pendekatan konseling kelompok yaitu dengan mengunakan pendekatan Rational Emotive Behaviour Therapy (REBT). Bimbingan dan konseling memiliki beberapa layanan dalam membantu siswa mengentaskan masalah pada Remaja Broken Home salah satu layanan yang digunakan guru BK adalah layanan konseling kelompok dalam pendekatan Rational Emotive Behaviour Therapy (REBT) yang bertujuan untuk membantu penerimaan diri remaja broken home.Berdasarkan penelitian literature studi pustaka mengenai Rational Emotive Behaviour Therapy dalam Membantu Penerimaan Diri Remaja Broken Home Melalui Pendekatan Rational Emotive Behaviour Therapy yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa : Hasil dari proses Penelitian literature studi pustaka dengan pendekatan Rational Emotive Behaviour Therapy dalam Meningkatkan Penerimaan Diri Remaja Broken Home Melalui Pendekatan Rational Emotive Behaviour Therapy mampu mengatasi penerimaan diri negatif yang diakibatkan oleh keluarganya yang mengalami broken home sehingga membuat pola pikir konseli irrasional menjadi pola pikir yang logis dan rasional sehingga konseli dapat lebih tenang dalam menjalani dan menerima kondisi keluarganya yang sekarang.
Kata Kunci : Penerimaan Diri Remaja Broken Home, Pendekatan Konseling Kelompok (REBT)
ABSTRACT
This article aims to describe the study of adolescent self-acceptance through a group counseling approach using the Rational Emotive Behavior Therapy (REBT) approach. Guidance and counseling has several services in helping students overcome problems in Broken Home Teens. One of the services used by BK teachers is group counseling services in the Rational Emotive Behavior Therapy (REBT) approach which aims to help self-acceptance of broken home teenagers. Based on literature research, literature studies Regarding Rational Emotive Behavior Therapy in Helping Self-Acceptance of Broken Home Adolescents Through the Rational Emotive Behavior Therapy Approach that has been carried out, it can be concluded that: The results of the literature research process using the Rational Emotive Behavior Therapy approach in Improving Self-Acceptance of Broken Home Teens Through the Rational Emotive Approach Behavior Therapy is able to overcome the negative self-acceptance caused by his family experiencing a broken home so as to make the counselee's irrational mindset into a logical and rational mindset so that the counselee can be more calm. g in living and accepting the current condition of his family.
Keywords: Broken Home Adolescent Self-Acceptance, Group Counseling Approach (REBT)
Unduhan
Referensi
Corey G. (2010).Theory and Practice of Group Counseling. Eighth Edition. Canada: Cole Cengage Learning.
Corey. (2009). Theory And Practice Of Counseling And Psychotherapy (Edisi 8).Belmont : Thomson
Creswell, John W. (2014). Reseach Design Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed Yogyakarta. Pustaka Belajar
Dewa Ketut Sukardi. (1985).Pengantar Teori Konseling, (Jakarta: Ghalia Indonesia,
Gunarsah,Singgih (1992). Konseling dan Psikoterapi, Jakarta : BPK, Gunung Mulia
Natawidjaya, Rochman (2009). Konseling Kelompok Konsep dan Dasar Pendekatan, (Bandung : Rizqi Press
Prayitno, (2004). Layanan Bimbingan Kelompok dan Konseling Kelompok, (Padang: Universitas Negeri Padang
Willis, Sofyan (2011). Konseling Keluarga ,(Bandung: Alfabeta: BPK, Gunung Mulia
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2022 Algebra : Jurnal Pendidikan, Sosial dan Sains
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.