STRATEGI KOMUNIKASI DINAS PEMERINTAH TINGGI KOTA TEBING TERHADAP ALOKASI BANTUAN SOSIAL KEPADA MASYARAKAT

Penulis

  • Melani Damanik UIN Sumatera Utara Medan
  • Sholihah Titin Sumanti UIN Sumatera Utara
  • Syahrul Abidin UIN Sumatera Utara

DOI:

https://doi.org/10.58432/algebra.v2i4.657

Kata Kunci:

Strategi Komunikasi, Bakti Sosial, Pendampingan Sosial, Humas

Abstrak

ABSTRAK

Mengingat komunikasi berperan dalam menjembatani informasi terkait bansos yang akan disalurkan pemerintah kepada masyarakat melalui berbagai media. Manusia tidak lepas dari bantuan orang lain. Membuat pemerintah melakukan berbagai upaya untuk menyeleksi siapa yang berhak menerima bantuan sosial yang disalurkan dari Pemerintah Pusat kepada Pemerintah Daerah. Dinas Sosial memiliki beberapa jenis bantuan sosial yaitu (PKH), (BPNT), (BDT), yang merupakan Program Bantuan dari Kementerian Sosial Pusat. Dan ada program bantuan dari Dinas Sosial Tebing Tinggi yaitu (PBP), (BBM) Bantuan Penyuluhan. Bantuan disalurkan sesuai dengan besarnya (APBN/APBN). Peneliti mengambil peneliti kualitatif, dapat disimpulkan bahwa fokus masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana humas pemerintah dalam membentuk strategi komunikasi dalam mengalokasikan bansos kepada masyarakat Kota Tebing Tinggi. Apa dampak Humas pemerintah terhadap masyarakat dalam mengkomunikasikan alokasi bansos di Kota Tebing Tinggi.

Kata Kunci : Strategi Komunikasi Bakti Sosial, Pendampingan Sosial, Humas

 

ABSTRACT

Given that communication plays a role in bridging information related to social assistance which the government will distribute to the public through various media. Humans can not be separated from the help of others. Making the government make various efforts to select who is entitled to receive social assistance that is channeled from the Central Government to the Regional Government. The Social Service has several types of social assistance, namely (PKH), (BPNT), (BDT), which are the Assistance Programs from the Central Ministry of Social Affairs. And there is an assistance program from the Tebing Tinggi Social Service, namely (PBP), (BBM) Extension Assistance. Assistance is distributed according to the amount (APBN/APBN). Researchers take qualitative researchers, it can be concluded that the focus of the problem in this study is how the government's public relations form a communication strategy in allocating social assistance to the people of Tebing Tinggi City. What is the impact of the government's public relations on the community in communicating the allocation of social assistance in Tebing Tinggi City.

Keywords: Social Service Communication Strategy, Social Assistance, Public Relations

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Afkarina, NI (2018). Strategi Komunikasi Humas Dalam Membentuk Opini Publik Lembaga Pendidikan. Idaarah: Jurnal Manajemen Pendidikan, 2(1). https://doi.org/10.24252/idaarah.v2i1.5124

Atika, N., & Irawan, MA (2021). Strategi Manajemen Humas Dalam Pelaksanaan Pembelajaran Jarak Jauh Di Masa Pandemi Covid-19 Di SMPN 1 Pringgarata. Jurnal Ilmiah Mandalika, 2(3).

Fadli, MR (2021). Memahami desain metode penelitian kualitatif. HUMANIKA, 21(1). https://doi.org/10.21831/hum.v21i1.38075

Firdausu, AZ (2021). Penyaluran Bantuan Dana Jaminan Sosial bagi Masyarakat yang Terdampak Covid-19. Ilmu Terbuka, 1.

Garvera, RR (2015). PERAN MANAJEMEN PUBLIC RELATIONS PEMERINTAH DALAM PROGRAM PELAKSANAAN OTONOMI DAERAH DI DINAS PERHUBUNGAN KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA KABUPATEN CIAMIS. Jurnal Ilmu Pemerintahan, 1(4), 693–702.

Maffirotin, SM, Wati, M., & Setyadi, HJ (2018). Sistem Pendukung Keputusan Penerima Bantuan Sosial Daerah Kutai Kartanegara Menggunakan Metode Electre. Jurnal Rekayasa Teknologi Informasi (JURTI), 2(1). https://doi.org/10.30872/jurti.v2i1.1362

Mahendra, TS, & Purnawijaya, J. (2019). STRATEGI HUMAS PEMERINTAH KOTA SURAKARTA DALAM MEMPUBLIKASIKAN SIPA MAHASWARA. Communicare: Jurnal Ilmu Komunikasi, 5(1). https://doi.org/10.37535/101005120183

Nababan, S. (2020). Model Komunikasi Humas dalam Literasi Media Sosial (Studi Kasus Direktorat Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik Kementerian Komunikasi dan Informatika). Jurnal Ilmiah Manajemen Informasi Dan Komunikasi

Unduhan

Diterbitkan

29-12-2022