ANALISIS PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA DENGAN METODE PEMBELAJARAN ACCELERATED LEARNING TIPE MESSAGE
Kata Kunci:
Pemahaman Konsep Matematis, Metode Pembelajaran, Accelerated Learning Tipe MESSAGEAbstrak
Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif. Adapun subjek penelitian ini adalah siswa kelas X Madrasah Aliyah Swasta Al Washliyah Medan. Melalui hasil yang diberikan diperoleh siswa dengan kelompok tingkat tinggi dengan persentase 23%, siswa mampu menyatakan ulang masalah, menerapkan hubungan antara yang diketahui dengan pertanyaaan, merencanakan dan melakukan pemecahan masalah, pengecekan kembali jawaban dan mengkaitkan konsep matematika untuk mengambil kesimpulan, siswa kelompok tingkat sedang dengan persentase 50% mampu menuliskan dan menyebutkan apa yang ditanyakan di soal dan siswa kelompok tingkat rendah dengan persentase 27% mampu mengungkapkan dan menuliskan apa yang diketahui dan ditanya dengan jelas. Hasil wawancara mengungkapkan bahwa siswa kelas X-1 memiliki pemahaman konsep matematis pada tingkat sedang.
ABSTRACT The research method used is qualitative research. The subjects of this study were students of class X of Al Washliyah Medan Private Madrasah Aliyah. Through the results obtained, students with a high-level group with a percentage of 23%, students were able to restate the problem, apply the relationship between what is known and the question, plan and carry out problem solving, recheck the answers and link mathematical concepts to draw conclusions, students in the medium-level group with a percentage of 50% were able to write and state what was asked in the question and students in the low-level group with a percentage of 27% were able to express and write what was known and asked clearly. The interview results revealed that students in class X-1 had a moderate level of mathematical concept understanding.
Unduhan
Referensi
Agus, I., & Purnama, A. N. (2022). Eksplorasi Kemampuan Berpikir Kritis Matematika Berdasarkan Keyakinan (Belief) Siswa. Jurnal Tadris Matematika, 5(1), 17–28.
Al Farisi, S., Yuhasriati, & Usman. (2020). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa melalui Pendekatan Open-ended dalam Pembelajaran Matematika di Kelas VII SMP Negeri 1 Kuta Baro. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Matematika, 5(2), 121–129.
Anggraini, N. P., Siagian, T. A., & Agustinsa, R. (2022). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Dalam Menyelesaikan Soal Berbasis AKM. ALGORITMA: Journal Of Mathematics Education, 4(1), 58–78.
Asrawati, N., & Sulaiman, U. K. (2020). Comparison of Student Learning Outcomes Through The Application of Accelerated Learning Method with Conventional Methods in Mathematics Learning Perbandingan Hasil Belajar Siswa Melalui Penerapan Metode Accelerated Learning dengan Metode Konvensional dala. Alauddin Journal of Mathematics Education, 2(2), 183–191.
Cysarah, D. (2021). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Pada Peserta Didik Kelas X SMK Negeri 7 Palembang. Journal of Mathematics Science and Education, 3(2), 52–64.
Kurniawati, D., & Ekayanti, A. (2020). Pentingnya Berpikir Kritis Dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Penelitian Tindakan Kelas dan Pengembangan Pembelajaran, 3(2), 107–114.
Mulyati, S., Suryani, Y., & Setiawan, I. (2019). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Open Ended Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Dengan Variabel Moderator Motivasi Belajar. Equilibrium: Jurnal Penelitian Pendidikan dan Ekonomi, 16(02), 123–132. https://doi.org/10.25134/equi.v16i02.2174
Mursidah, S., Susilo, H., & Corebima, A. D. (2019). Hubungan antara Keterampilan Berpikir Kritis dan Keterampilan Berkomunikasi dengan Retensi Siswa dalam Pembelajaran Biologi melalui Strategi Pembelajaran Reading Practicing Questioning Summarizing and Sharing. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 4(8), 1071. https://doi.org/10.17977/jptpp.v4i8.12676
Pane, I. P. P. (2019). Efektivitas Pendekatan Open-Ended Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Di Man Tapanuli Selatan. Mathematic Education Journal MathEdu, 2(2), 22–28.
Prihartini, E., Lestari, P., & Saputri, S. A. (2016). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Menggunakan Pendekatan Open Ended. Prosiding Seminar Nasional Matematika IX 2015, 58–64.
Sari, D. M., Dalimunthe, E. M., Ramadhini, F., & ... (2022). Peningkatan Kemampuan Berpikir Logis Mahasiswa Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Accelerated Learning (Al). …, 1–14. http://ejournal-ittihad.alittihadiyahsumut.or.id/index.php/ittihad/article/view/119
Sinaga, M. S., & Rakhmawati, F. (2022). Desain Buku Saku Matematika Berbasis HOTS Kelas X Sebagai Media Pembelajaran. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 1301–1314. https://doi.org/10.31004/cendekia.v6i2.1361
Sudarmaji, S., & Maarif, M. A. (2021). Pembelajaran Al-Qur’an Hadist Melalui Model Accelerated Learning. Al-Tarbawi Al-Haditsah: Jurnal Pendidikan Islam, 6(2), 66. https://doi.org/10.24235/tarbawi.v6i2.8874
Sunardjo, R. N., Yudhianto, S. A., Rahman, T., Kunci, K., Keterampilan, :, Dasar, B., & Kritis, K. B. (2016). Seminar Nasional XIII Pendidikan Biologi FKIP UNS 133 Analisis Implementasi Keterampilan Berpikir Dasar dan Kompleks dalam Buku IPA Pegangan Siswa SMP Kurikulum 2013 dan Implementasinya dalam Pembelajaran. 13(1), 133–144.
Wulandari, F. A., Kurniawati, U. M., & Rohimawan, M. A. (2020). Problematika Mata Pelajaran Matematika Dalam Pembelajaran Tematik Di Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah. Refleksi Edukatika : Jurnal Ilmiah Kependidikan, 11(1), 109–115. https://doi.org/10.24176/re.v11i1.4945.