ANALISIS PENGARUH HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PAKET DATA INTERNET TELKOMSEL

Penulis

  • Malkan Yahya Abdillah Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Ayu Widyastuti Rafisa Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Halimah Safitry Al-Fauziah Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Nurhafifah Saragih Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Muhammad Taufiq Azhari Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

DOI:

https://doi.org/10.58432/ekonom.v3i2.418

Kata Kunci:

Harga, Keputusan Pembelian

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui pengaruh harga paket data internet telkomsel terhadap keputusan pembelian konsumen secara parsial. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kuantiatif dengan jenis penelitian asosiatif kausal, Metode pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah dengan cara observasi, penelitian lapangan, dan studi dokumentasi dengan jumlah responden sebanyak (N)=20. Data dari penelitian ini diolah dengan menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, dan analisis regresi linier sederhana. Hasil dari uji validitas dan reliabitas menunjukkan bahwa seluruh instrumen yang digunakan oleh masing-masing variabel dapat dikatakan valid dan reliabel. Hasil dari uji t pada variabel Harga (X) adalah sebesar 12,865 yang lebih besar dari t-Tabelnya sebesar 1,725 (t-Hitung > t-Tabel) dan nilai signifikansi sebesar 0,000 yang lebih kecil dari 0,05, sehingga dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima. Hasil dari uji hipotesis ini menunjukkan bahwa secara parsial terdapat pengaruh positif dan signfikan dari variabel Harga (X) terhadap variabel Keputusan Pembelian (Y).

ABSTRACT

The purpose of this study was to determine the effect of the price of Telkomsel internet data packages on consumer purchasing decisions partially. The research method used is a quantitative research method with causal associative research. The data collection method used in this research is by means of observation, field research, and documentation studies with the number of respondents (N) = 20. The data from this study were processed using validity test, reliability test, and simple linear regression analysis. The results of the validity and reliability tests show that all the instruments used by each variable can be said to be valid and reliable. The results of the t-test on the Price (X) variable are 12.865 which is greater than the t-table of 1.725 (t-Value > t-Tabel) and a significance value of 0.000 which is smaller than 0.05. So it can be concluded that H0 is rejected and Ha is accepted. The results of this hypothesis test show that partially there is a positive and significant effect of the Price variable (X) on the Purchase Decision variable (Y).

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Alma, B. (2013). Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung: Alfabeta.

Kotler, & Amstrong, G. (2016). Dasar-dasar Pemasaran. Jilid 1, Edisi Kesembilan. Jakarta: Erlangga.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Manajemen Pemasaran edisi 12 Jilid 1 & 2. Jakarta: Indeks.

Lenzun, J. J., Massie, J. D. D., & Adare, D. (2014). Pengaruh kualitas produk, harga dan promosi terhadap kepuasan pelanggan kartu prabayar telkomsel. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 2(3), 1237-1245. https://doi.org/10.35794/emba.2.3.2014.5802

Nisak, D. A. K., & Astuningsih, S. E. (2021). Pengaruh Kepercayaan Merek, Harga, Kualitas Layanan dan Promosi terhadap Keputusan Pembelian Kartu Prabayar Produk Simpati Telkomsel (Studi pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Iain Tulungagung). Jurnal Manajemen Dan Bisnis Indonesia, 7(1), 41–48. https://doi.org/10.32528/jmbi.v7i1.4893

Nugraheni, M. (2016). Analisis Brand Image, Kualitas Produk, Dan Persepsi Harga Terhadap Keputusan Pembelian Mobil Daihatsu Xenia di Wonosobo. Skripsi. Yogyakarta.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kombinasi (Mix Methods). Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Supardi. (2013). Aplikasi Statistika dalam Penelitian Konsep Statistika yang Lebih Komprehensif. Jakarta: Change Publication.

Tjiptono, F., & Chandra, G. (2008). Pemasaran Strategik. Yogyakarta: Andi.

Unduhan

Diterbitkan

21-08-2023

Cara Mengutip

Abdillah, M. Y., Rafisa, A., Al-Fauziah, H., Saragih, N. ., & Azhari, M. . (2023). ANALISIS PENGARUH HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PAKET DATA INTERNET TELKOMSEL. Ekonom : Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 3(2), 103–107. https://doi.org/10.58432/ekonom.v3i2.418