ANALISIS DAMPAK SERTIFIKASI HALAL TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KOSMETIK (Studi Kasus Mahasiswa Prodi Ekonomi Syariah Universitas Siliwangi Tahun 2020-2021)

Penulis

  • Salma Machbub Universitas Siliwangi
  • Fani Nopiyanti Universitas Siliwangi
  • Tira Fitria Universitas Siliwangi
  • Lina Marlina Universitas Siliwangi

DOI:

https://doi.org/10.58432/ekonom.v3i3.1012

Kata Kunci:

Sertifikasi Halal, Keputusan Pembelian, Kosmetik

Abstrak

Mengingat informasi dari Dinas Perindustrian yang menyatakan bahwa kosmetik telah menjadi kebutuhan utama bagi wanita. Label halal pada kemasan adalah tanda yang memberitahu konsumen bahwa produk telah diakui sebagai halal. Prinsipnya, sertifikasi halal pada produk kosmetik memberikan jaminan keamanan kepada konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk menilai signifikansi sertifikasi halal dalam memengaruhi preferensi dan keputusan pembelian kosmetik di kalangan mahasiswa Ekonomi Syariah Universitas Siliwangi, serta mengidentifikasi dampaknya pada keputusan pembelian kosmetik. Penelitian ini mengandalkan data primer dan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggabungkan berbagai metode, analisis data dilakukan secara induktif dan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner. Dari hasil penelitian, bahwa sertifikasi halal memiliki pengaruh yang signifikan terhadap preferensi pembelian kosmetik. Mayoritas responden, 90,9%, cenderung mempertimbangkan sertifikasi halal saat membeli produk kosmetik, sementara 93,9% memilih produk yang telah bersertifikasi halal. Selain itu, 97% responden bersedia membayar lebih untuk produk kosmetik yang telah bersertifikasi halal. 

ABSTRACT
Considering information from the Department of Industry which states that cosmetics have become a major need for women. The halal label on the packaging is a sign that tells consumers that the product has been recognized as halal. In principle, halal certification for cosmetic products provides a guarantee of safety to consumers. This research aims to assess the significance of halal certification in influencing preferences and purchasing decisions for cosmetics among Sharia Economics students at Siliwangi University, as well as identifying its impact on cosmetic purchasing decisions. This research relies on primary data and a qualitative approach. The data collection technique was carried out by combining various methods, data analysis was carried out inductively and the data collection technique used was a questionnaire. From the research results, halal certification has a significant influence on cosmetic purchasing preferences. The majority of respondents, 90.9%, tend to consider halal certification when purchasing cosmetic products, while 93.9% choose products that have been halal certified. In addition, 97% of respondents are willing to pay more for cosmetic products that are halal certified.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Andrian, Indra, C., Jumawan, &Nursal, F. (2022). Perilaku Konsumen.

Annur, C. M. (2023). JumlahPopulasi Muslim di Kawasan ASEAN, Indonesia Terbanyak. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2023/03/28/ini-jumlah-populasi- muslim-di-kawasan-asean-indonesia terbanyak#:~:text=Laporan%20 The%20Royal 20Islamic% 20Strategic,ASEAN)%2C%20maupun%20secara%20global.

Firmansyah, M. A. (2019). PemasaranProduk dan Merek.

Harahap, G., Tarmizi, R., Nurlailiyah, Sholihah, A., &Adhianata, H. (2023). Industri Halal di Indonesia. Sada Kurnia Pustaka.

Hayet. (2019). PENGARUH LABELISASI HALAL TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK KOSMETIK (STUDI KASUS DI KOTA PONTIANAK, KALIMANTAN BARAT, INDONESIA). Jurnal Ekonomi Islam, 10(1). http://www.topbrand

Indrasari, M. (2019). PEMASARAN DAN KEPUASAN PELANGGAN.

Pertiwi, R. D. (2021). Pemasaran Jasa Pariwisata.

Pratiwi, D. P., & Falahi, A. (2023). PengaruhSertifikasi Halal Dan Kesadaran Halal Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kosmetik Wardah Di Desa Bangun Rejo Tanjung Morawa. JBMA: Jurnal BisnisManajemen Dan Akuntansi,10.

Sinulingga, N. A. Br., &Sitohang, H. T. (2023). PerilakuKonsumen.

Subagyono, B. S., Silvia, F., &Chumaida, Z. V. (2020). PERLINDUNGAN KONSUMEN MUSLIM ATAS PRODUK HALAL.

Sumarwan, U. (2004). Perilaku Konsumen Teori dan Penerapannya Dalam Pemasaran.

Tranggono, R. I., & Latifah, F. (2007). Buku Pegangan Ilmu Pengetahuan Kosmetik.

Unduhan

Diterbitkan

31-12-2023

Cara Mengutip

Machbub, S., Nopiyanti, F. ., Fitria, T. ., & Marlina, L. . (2023). ANALISIS DAMPAK SERTIFIKASI HALAL TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KOSMETIK (Studi Kasus Mahasiswa Prodi Ekonomi Syariah Universitas Siliwangi Tahun 2020-2021) . Ekonom : Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 3(3), 140–148. https://doi.org/10.58432/ekonom.v3i3.1012