ANALISIS PREFERENSI DAN PERSEPSI KONSUMEN TERHADAP FASHION HALAL (STUDI KASUS PADA MAHASISWA EKONOMI SYARIAH 2021-2023)

Penulis

  • wafa wafiah Universitas Siliwangi
  • Addin Laila Maharani Universitas Siliwangi
  • Dea Mustafiani Universitas Siliwangi
  • Robi Tiarahman Universitas Siliwangi

DOI:

https://doi.org/10.58432/ekonom.v3i3.1010

Kata Kunci:

Preferensi, Persepsi, Halal Fashion

Abstrak

Halal fashion merupakan salah satu sektor halal yang kini sangat menjanjikan. Namun, seringkali kita temui beberapa konsumen dalam hal ini adalah mahasiswa masih keliru mengenai apa arti dari halal fesyen. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengukur pemahaman dan preferensi mahasiswa terhadap fashion halal apakah sudah sesuai dengan fashion halal yang sebenarnya atau masih ada kekeliruan. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner sebagai alat utama. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemahaman mahasiswa Ekonomi Syariah terhadap prinsip Halal Fashion masih perlu ditingkatkan, dan brand serta label fashion halal memainkan peran krusial dalam membentuk preferensi dan persepsi terhadap fashion halal.

ABSTRACT

Halal fashion is one of the promising halal sectors nowadays. However, often we find that some consumers, particularly students, are still confused about the meaning of halal fashion. The purpose of this research is to measure the understanding and preferences of students towards halal fashion, whether it aligns with the true concept of halal fashion or if there are still misconceptions. The research method employed is qualitative research, with a questionnaire as the main data collection tool. The findings indicate that the understanding of Sharia Economics students regarding the principles of Halal Fashion needs improvement. Additionally, it is evident that brands and labels in halal fashion play a crucial role in shaping preferences and perceptions towards halal fashion.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Fahrika, Ika, Murtiadi Awaluddin, and Amiruddin. “PERSEPSI KONSUMEN TERHADAP MEREK FASHION MUSLIMAH DI INDONESIA.” An Nisa’ 16, no. 1 (2023): 19–25. https://jurnal.iain-bone.ac.id.

Harmoko, Irfan. “OPTIMALISASI INDUSTRI HALAL DI INDONESIA MELALUI PENDEKATAN STRATEGIS DISTINCTIVE COMPETENCE.” REINFORCE 1, no. 2 (2022): 105–21. http://ejournal.iain-tulungagung.ac.id/index.php/reinforce.

Ilyas, Musyfikah. “MEMAKNAI FASHION DALAM HUKUM ISLAM.” Al-Dawlah 5, no. 1 (2016): 133–43.

Kadir, Syahruddin. “PELUANG INDUSTRI FASHION HALAL DI INDONESIA: (Model Pengembangan Dan Strategi).” Al-Iqtishad 15, no. 1 (2023): 142–60. https://jurnal.iain-bone.ac.id/index.php/aliqtishad.

Komite Nasional Keuangan Syariah (KNKS). “Strategi Nasional Pengembangan Industri Halal Indonesia,” n.d.

Lis Sulistiani, Siska. “ANALISIS MAQASHID SYARIAH DALAM PENGEMBANGAN HUKUM INDUSTRI HALAL DI INDONESIA.” Jurnal Law and Justice 3, no. 2 (2018): 91–97.

Lubis, Hilma Kholilah, Purnama Ramadani Silalahi, and Khairina Tambunan. “Analisis Faktor Preferensi Konsumen Dalam Pengambilan Keputusan Pemilihan Hotel Syariah Di Kota Medan.” JIKEM 2, no. 1 (2022): 102–10.

Mutia, Karmila Dwi Lestari. “FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERSEPSI MAHASISWA DAN ALUMNI AKUNTANSI DALAM MEMILIH KARIR PROFESI SEBAGAI AKUNTAN DI KOTA KUPANG.” Jurnal Akuntansi : Transparansi dan Akuntabilitas 7, no.1(2019): 55–73.

Nusran, Muhammad. MANAJEMEN INDUSTRI PRODUK HALAL DALAM PERSPEKTIF EKOSISTEM HALAL. 1st ed. Makassar: YAYASAN BINA INSAN KAMIL, 2021.

Saputri, Oktoviana Banda. “PEMETAAN POTENSI INDONESIA SEBAGAI PUSAT INDUSTRI HALAL DUNIA.” Jurnal Masharif Al-Syariah 5, no. 2 (2020): 24–38. http://journal.um-surabaya.ac.id/index.php/Maqasid.

Sari, Sri Kartika, and Abdul Syatar. “Penggunaan Item Fashion Berbahan Kulit Hewan Haram Konsumsi; Studi Perbandingan Ulama Mazhab.” Shautuna 2, no. 3 (2021): 828–41.

Sukoso, Adam Wiryawan, Joni Kusnadi, and Sucipto. Ekosistem Industri Halal. Edited by Muhamad Irfan Sukarna and Hartono Harimurti. Jakarta: Departemen Ekonomi dan Keuangan Syariah-Bank Indonesia, 2020.

Unduhan

Diterbitkan

31-12-2023

Cara Mengutip

wafiah, wafa, Maharani, A. L., Mustafiani, D., & Tiarahman, R. (2023). ANALISIS PREFERENSI DAN PERSEPSI KONSUMEN TERHADAP FASHION HALAL (STUDI KASUS PADA MAHASISWA EKONOMI SYARIAH 2021-2023). Ekonom : Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 3(3), 149–154. https://doi.org/10.58432/ekonom.v3i3.1010