Effect : Jurnal Kajian Konseling https://ejournal.yana.or.id/index.php/effect <p><span style="font-weight: 400;"><strong>Effect : Jurnal Kajian Konseling</strong> diterbitkan oleh Yayasan Amanah Nur Aman. Diterbitkan setiap bulan April, Agustus dan Desember. Jurnal ini fokus pada topik Kajian Konseling. </span><span style="font-weight: 400;">Jurnal ini menyambut hangat kontribusi tulisan-tulisan atau artikel dari para sarjana dari setiap disiplin ilmu terkait. </span><span style="font-weight: 400;">Ruang lingkup dan kajian jurnal ini berkaitan dengan bimbingan konseling, pendidikan bimbingan konseling, pendidikan profesi konseling, psikologi pendidikan, konseling masyarakat, supervisi dalam konseling dan kurikulum/pelayanan dalam bidang bimbingan konseling.</span></p> <p> </p> <p><span style="font-weight: 400;"><strong>Effect : Jurnal Kajian Konseling</strong> published by the Amanah Nur Aman Foundation. Published every April, August and December. This journal focuses on the topics of Counseling Study. </span><span style="font-weight: 400;">This journal warmly welcomes the contributions of writings or articles from scholars from any related disciplines. </span><span style="font-weight: 400;">The scope and study of this journal is related to counseling guidance, counseling guidance education, professional counseling education, educational psychology, community counseling, supervision in counseling and curriculum/services in the field of counseling guidance.</span></p> id-ID alfajribahri26@gmail.com (Al Fajri Bahri) f7.mhdbuchori@gmail.com (Muhammad Buchori Ibrahim) Tue, 15 Aug 2023 12:37:49 +0000 OJS 3.3.0.5 http://blogs.law.harvard.edu/tech/rss 60 PERAN GURU BK DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS VIII MTS LABORATORIUM UIN SUMATERA UTARA MEDAN https://ejournal.yana.or.id/index.php/effect/article/view/967 <p><strong>Abstrak. </strong><em>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang peran guru bimbingan dan konseling dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII di MTs Laboratorium UIN Sumatera Utara Medan.</em><em> Peneliti menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode deskriptif analisis. Penelitian yang dilakukan berupa survei untuk melihat secara ringkas kondisi dan situasi sebenarnya saat melakukan penelitian. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu kuesioner, di mana peneliti membagikan angket yang berisi instrumen pertanyaan seputar kepuasan layanan bimbingan dan konseling. Deskripsi data mencakup ukuran tendensi sentral, seperti mean, median, modus, ukuran tendensi penyebaran, simpangan baku, varians, range, skor terendah, skor tertinggi, distribusi frekuensi dan histogram. Simpulan dari penelitian ini bahwa peran guru bimbingan dan konseling dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII di MTs Laboratorium UIN Sumatera Utara Medan cukup baik.</em></p> <p><strong>Kata Kunci</strong>. <em>Guru; Bimbingan Konseling; Prestasi Belajar; Siswa</em></p> <p> </p> <p><strong>Abstract. </strong><em>This study aims to find out about the role of the guidance and counseling teacher in improving the learning outcomes of class VIII students at Madrasah Tsawaniyah Laboratory of the State Islamic University of North Sumatra, Medan. Researchers used a quantitative approach with descriptive analysis method. The research was carried out in the form of a survey to briefly see the actual conditions and situation when conducting the research. The data collection technique used was a questionnaire, in which the researcher distributed questionnaires containing questions about the satisfaction of guidance and counseling services. The description of the data includes measures of central tendency, such as mean, median, mode, measure of dispersion, standard deviation, variance, range, lowest score, highest score, frequency distribution and histogram. The conclusion from this study is that the role of the guidance and counseling teacher in improving the learning outcomes of class VIII students at Madrasah Tsawaniyah Laboratory of the State Islamic University of North Sumatra Medan is quite good.</em></p> <p><strong><em>Keywords</em></strong>: <em>Teacher; Counseling Guidance; Learning Achievement; Student</em></p> Nabila Sari Hasibuan, Erni Widiastuti, Awanis Nabilah Nisa, Muhammad Ainul Razaq, Mohamad Aji Prasetia Hak Cipta (c) 2023 Effect : Jurnal Kajian Konseling https://ejournal.yana.or.id/index.php/effect/article/view/967 Tue, 15 Aug 2023 00:00:00 +0000 ANALISIS PERILAKU BODY SHAMING TERHADAP PERKEMBANGAN PSIKOLOGI REMAJA DI SMP NEGERI 6 PERCUT SEI TUAN https://ejournal.yana.or.id/index.php/effect/article/view/972 <p><strong>Abstrak.</strong> <em>Dalam perkembangan era modern sekarang banyak bahasa atau istilah yang muncul salah satunya ialah istilah body shaming. Body yang berarti tubuh sedangkan shaming ialah memalukan, yang berarti body shaming adalah kritikan yang dilontarkan kepada seseorang mengenai fisik tubuhnya dengan membuat suatu ejekan atau komentar negatif tentang tubuh seseorang tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perilaku body shaming terhadap perkembangan psikologi remaja di SMP Negeri 6 Percut Sei Tuan. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan metode deskriptif, yang bertujuan untuk mendeskripsikan data secara sistematis dan faktual sesuai dengan data yang diperoleh, mendeskripsikan kondisi subjek pada saat itu, serta hubungan antara fenomena yang diteliti terkait dengan judul penelitian. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui angket, observasi dan dokumentasi. Dalam mengolah dan menganalisis diperoleh melalui tiga tahapan yaitu editing, tabulating dan skoring. Simpulan dari penelitian ini bahwa body shaming berpengaruh besar pada perkembangan psikologi individu. Mereka yang mengalami body shaming cenderung menghindari pergaulan sosial.</em></p> <p><strong>Kata Kunci.</strong> <em>Body Shaming; Psikologis; Remaja</em></p> <p> </p> <p><strong>Abstract.</strong> <em>In the development of the modern era, there are many languages </em><em>​​</em><em>or terms that appear, one of which is the term body shaming. Body which means body while shaming is embarrassing, which means body shaming is criticism leveled at someone regarding their physical body by making ridicule or negative comments about that person's body. This study aims to analyze body shaming behavior towards the development of adolescent psychology in State Junior High School 6 Percut Sei Tuan. The type of research used is quantitative research with descriptive methods, which aims to describe data systematically and factually according to the data obtained, to describe the condition of the subject at that time, as well as the relationship between the phenomena studied in relation to the research title. Data collection techniques are carried out through questionnaires, observation and documentation. In processing and analyzing it is obtained through three stages, namely editing, tabulating and scoring. The conclusion from this study is that body shaming has a major influence on the development of individual psychology. Those who experience body shaming tend to avoid social interaction.</em></p> <p><strong>Keywords.</strong> <em>Body Shaming; Psychological; Adolescent</em></p> Annisa Fikria Hasibuan, Hafidz Yahya Ayyasy, Mutia Balkis Winanda, Rismawati Wulandari, Mohamad Aji Prasetia Hak Cipta (c) 2023 Effect : Jurnal Kajian Konseling https://ejournal.yana.or.id/index.php/effect/article/view/972 Mon, 28 Aug 2023 00:00:00 +0000 PERAN PERSONALIA SEKOLAH DALAM PELAKSANAAN LAYANAN BIMBINGAN KONSELING DI MTS MUHAMMADIYAH 01 MEDAN https://ejournal.yana.or.id/index.php/effect/article/view/977 <p><strong>Abstrak. </strong><em>Berdasarkan fenomena yang terjadi di sekolah-sekolah mengenai kurangnya peran personalia sekolah dalam pelaksanaan layanan bimbingan dan konseling, peneliti melakukan penelitian di MTs Muhammadiyah 01 Medan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengeksplorasi dan menganalisis peran personalia sekolah dalam pelaksanaan bimbingan dan konseling di MTs Muhammadiyah 01 Medan. Melalui penelitian ini, peneliti berharap dapat memberikan pemahaman yang lebih mendalam tentang peran personalia sekolah dalam mendukung perkembangan siswa melalui layanan bimbingan dan konseling. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara dan dokumentasi. Wawancara dilakukan dengan kepala sekolah dan salah satu guru di sekolah tersebut, dikarenakan di sekolah MTs Muhammadiyah 01 Medan tidak memiliki guru BK yang secara terstruktur. Hasil dari penelitian, peneliti mendapatkan bahwa personalia dalam sekolah tersebut cukup baik, dan memiliki peran yang sangat penting, di mana personalia tersebut secara bersama-sama merangkul dan saling memahami dalam mengatasi masalah-masalah yang terjadi kepada peserta didik dalam konteks bimbingan dan konseling. Dan yang paling penting guru yang menangani masalah siswa haruslah mengetahui karakter dari siswa-siswanya, dan melakukan pendekatan secara personal.</em></p> <p><strong>Kata Kunci. </strong><em>Personalia; Sekolah; Bimbingan; Konseling</em></p> <p> </p> <p><strong>Abstract. </strong><em>Based on phenomena that occur in schools regarding the lack of role of school personnel in the implementation of guidance and counseling services, researchers conduct mini-research at MTs Muhammadiyah 01 Medan. The purpose of this research is to explore and analyze the role of school personnel in the implementation of guidance and counseling in MTs Muhammadiyah 01 Medan. Through this research, we hope to provide a deeper understanding of the role of school personnel in supporting student development through guidance and counseling services. The research method used in this research is qualitative research. The data collection technique uses interview and documentation techniques. Interviews were conducted with the principal and one of the teachers at the school, because the MTs Muhammadiyah 01 Medan school did not have a structured counseling teacher. The results of the study, the researcher found that the personnel in the school were quite good, and had a very important role, where the personnel embraced and understood each other in overcoming the problems that occurred to students in the context of guidance and counseling. And most importantly teachers who deal with student problems must know the character of their students, and take a personal approach.</em></p> <p><strong>Keywords. </strong><em>Personnel; Schools; Guidance; Counseling</em></p> Farhan Ardiansyah , Rizky Mulyani, Nuradilla , Nurhaliza Khesya, Mohammad Aji Prasetia Hak Cipta (c) 2023 Effect : Jurnal Kajian Konseling https://ejournal.yana.or.id/index.php/effect/article/view/977 Mon, 28 Aug 2023 00:00:00 +0000 KEPUASAN LAYANAN BIMBINGAN KONSELING DI MAN 2 MODEL MEDAN https://ejournal.yana.or.id/index.php/effect/article/view/978 <p><strong>Abstrak.</strong> <em>Layanan bimbingan dan konseling memiliki fungsi untuk membantu seluruh siswa yang mengalami permasalahan dalam hal pembelajaran maupun yang bersifat pribadi. Suatu layanan dapat disebut berhasil jika konsumen merasa memiliki rasa puas akan layanan yang digunakan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui seberapa besar tingkat kepuasan yang dimiliki siswa akan layanan bimbingan dan konseling di sekolah. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan model pendekatan deskriptif analisis. Peneliti menggunakan siswa kelas X MAN 2 Model sebagai subjek penelitian. Peneliti menggunakan teknik kuesioner, wawancara serta dokumentasi saat mengumpulkan data, kemudian hasilnya diolah melalui beberapa tahapan yaitu editing, tabulasi dan evaluasi. Berdasarkan hasil penelitian, tingkat kepuasan siswa kelas X MAN 2 Model Medan terhadap layanan bimbingan dan konseling adalah memuaskan.</em></p> <p><strong>Kata Kunci. </strong><em>Kepuasan; Pelayanan; Bimbingan Konseling</em></p> <p> </p> <p><strong>Abstract.</strong> <em>Guidance and counseling services have a function to help all students who experience problems in terms of learning and personal. A service can be called successful if consumers feel satisfied with the service used. The purpose of this study was to determine how much satisfaction students have with guidance and counseling services at school. The research method used is quantitative with a descriptive analysis approach model. Researchers used students of grade X MAN 2 Model as research subjects. Researchers use questionnaire, interview and documentation techniques when collecting data, then the results are processed through several stages, namely editing, tabulation and evaluating. Based on the results of the study, the level of satisfaction of grade X MAN 2 Medan Model students with guidance and counseling services is satisfactory.</em></p> <p><strong>Keywords. </strong><em>Satisfaction; Service; Counseling Guidance</em></p> Maulidya Asrianti, Tsania Khairani Aritonang, Siti Aisyah, Habib Purba Hak Cipta (c) 2023 Effect : Jurnal Kajian Konseling https://ejournal.yana.or.id/index.php/effect/article/view/978 Tue, 29 Aug 2023 00:00:00 +0000