PERAN PERSONALIA SEKOLAH DALAM PELAKSANAAN LAYANAN BIMBINGAN KONSELING DI MTS MUHAMMADIYAH 01 MEDAN

Penulis

  • Farhan Ardiansyah UIN Sumatera Utara Medan
  • Rizky Mulyani UIN Sumatera Utara Medan
  • Nuradilla UIN Sumatera Utara Medan
  • Nurhaliza Khesya UIN Sumatera Utara Medan
  • Mohammad Aji Prasetia UIN Sumatera Utara Medan

Kata Kunci:

Personalia, Sekolah, Bimbingan, Konseling

Abstrak

Abstrak. Berdasarkan fenomena yang terjadi di sekolah-sekolah mengenai kurangnya peran personalia sekolah dalam pelaksanaan layanan bimbingan dan konseling, peneliti melakukan penelitian di MTs Muhammadiyah 01 Medan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengeksplorasi dan menganalisis peran personalia sekolah dalam pelaksanaan bimbingan dan konseling di MTs Muhammadiyah 01 Medan. Melalui penelitian ini, peneliti berharap dapat memberikan pemahaman yang lebih mendalam tentang peran personalia sekolah dalam mendukung perkembangan siswa melalui layanan bimbingan dan konseling. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara dan dokumentasi. Wawancara dilakukan dengan kepala sekolah dan salah satu guru di sekolah tersebut, dikarenakan di sekolah MTs Muhammadiyah 01 Medan tidak memiliki guru BK yang secara terstruktur. Hasil dari penelitian, peneliti mendapatkan bahwa personalia dalam sekolah tersebut cukup baik, dan memiliki peran yang sangat penting, di mana personalia tersebut secara bersama-sama merangkul dan saling memahami dalam mengatasi masalah-masalah yang terjadi kepada peserta didik dalam konteks bimbingan dan konseling. Dan yang paling penting guru yang menangani masalah siswa haruslah mengetahui karakter dari siswa-siswanya, dan melakukan pendekatan secara personal.

Kata Kunci. Personalia; Sekolah; Bimbingan; Konseling

 

Abstract. Based on phenomena that occur in schools regarding the lack of role of school personnel in the implementation of guidance and counseling services, researchers conduct mini-research at MTs Muhammadiyah 01 Medan. The purpose of this research is to explore and analyze the role of school personnel in the implementation of guidance and counseling in MTs Muhammadiyah 01 Medan. Through this research, we hope to provide a deeper understanding of the role of school personnel in supporting student development through guidance and counseling services. The research method used in this research is qualitative research. The data collection technique uses interview and documentation techniques. Interviews were conducted with the principal and one of the teachers at the school, because the MTs Muhammadiyah 01 Medan school did not have a structured counseling teacher. The results of the study, the researcher found that the personnel in the school were quite good, and had a very important role, where the personnel embraced and understood each other in overcoming the problems that occurred to students in the context of guidance and counseling. And most importantly teachers who deal with student problems must know the character of their students, and take a personal approach.

Keywords. Personnel; Schools; Guidance; Counseling

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Harita, A., et al. (2022). Peranan Guru Bimbingan Konseling dalam Pembentukan Karakter Disiplin Siswa SMP Negeri 3 Onolalu Tahun Pelajaran 2021/2022. Counseling For All (Jurnal Bimbingan dan Konseling), 2(1).

Istiyanah, N. (2021). Pemantapan Minat Siswa terhadap Pilihan Program Studi di Perguruan Tinggi Melalui Layanan Penguasaan Konten dengan Teknik Focus Group Discussion. Jurnal Prakarsa Paedagogia, 3(2). https://doi.org/10.24176/jpp.v3i2.5744

Husna, A., et al. (2014). Tingkat Pemahaman Konselor terhadap Implementasi Bimbingan dan Konseling dalam Kurikulum 2013. Indonesian Journal of Guidance and Counseling : Theory and Application, 3(4).

Masdudi. (2015). Bimbingan dan Konseling Perspektif Sekolah. Cirebon: Nurjati Press.

Salim & Syahrum. (2012). Metodologi Penelitian Kualitatif. Medan: Citapustaka Media.

Unduhan

Diterbitkan

2023-08-28

Cara Mengutip

Ardiansyah , F. ., Mulyani, R., Nuradilla, Khesya, N. ., & Prasetia, M. A. (2023). PERAN PERSONALIA SEKOLAH DALAM PELAKSANAAN LAYANAN BIMBINGAN KONSELING DI MTS MUHAMMADIYAH 01 MEDAN. Effect : Jurnal Kajian Konseling, 2(1), 20–24. Diambil dari https://ejournal.yana.or.id/index.php/effect/article/view/977