PERAN GURU BK DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS VIII MTS LABORATORIUM UIN SUMATERA UTARA MEDAN

Penulis

  • Nabila Sari Hasibuan UIN Sumatera Utara Medan
  • Erni Widiastuti UIN Sumatera Utara Medan
  • Awanis Nabilah Nisa UIN Sumatera Utara Medan
  • Muhammad Ainul Razaq UIN Sumatera Utara Medan
  • Mohamad Aji Prasetia UIN Sumatera Utara Medan

Kata Kunci:

Guru, Bimbingan Konseling, Prestasi Belajar, Siswa

Abstrak

Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang peran guru bimbingan dan konseling dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII di MTs Laboratorium UIN Sumatera Utara Medan. Peneliti menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode deskriptif analisis. Penelitian yang dilakukan berupa survei untuk melihat secara ringkas kondisi dan situasi sebenarnya saat melakukan penelitian. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu kuesioner, di mana peneliti membagikan angket yang berisi instrumen pertanyaan seputar kepuasan layanan bimbingan dan konseling. Deskripsi data mencakup ukuran tendensi sentral, seperti mean, median, modus, ukuran tendensi penyebaran, simpangan baku, varians, range, skor terendah, skor tertinggi, distribusi frekuensi dan histogram. Simpulan dari penelitian ini bahwa peran guru bimbingan dan konseling dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII di MTs Laboratorium UIN Sumatera Utara Medan cukup baik.

Kata Kunci. Guru; Bimbingan Konseling; Prestasi Belajar; Siswa

 

Abstract. This study aims to find out about the role of the guidance and counseling teacher in improving the learning outcomes of class VIII students at Madrasah Tsawaniyah Laboratory of the State Islamic University of North Sumatra, Medan. Researchers used a quantitative approach with descriptive analysis method. The research was carried out in the form of a survey to briefly see the actual conditions and situation when conducting the research. The data collection technique used was a questionnaire, in which the researcher distributed questionnaires containing questions about the satisfaction of guidance and counseling services. The description of the data includes measures of central tendency, such as mean, median, mode, measure of dispersion, standard deviation, variance, range, lowest score, highest score, frequency distribution and histogram. The conclusion from this study is that the role of the guidance and counseling teacher in improving the learning outcomes of class VIII students at Madrasah Tsawaniyah Laboratory of the State Islamic University of North Sumatra Medan is quite good.

Keywords: Teacher; Counseling Guidance; Learning Achievement; Student

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Djamaluddin, A. & Wardana. (2019). Belajar dan Pembelajaran. Parepare: Kaaffah Learning Center.

Febrini, D. (2020). Bimbingan dan Konseling. Bengkulu: Brimedia Global.

Gusmawati, L., et al. (2020). Upaya Peningkatan Prestasi Belajar pada Siswa Sekolah Dasar. Pensa: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial, 2(1). https://core.ac.uk/download/pdf/327208755.pdf

Harahap, E. K. & Sumarto. (2020). Komunikasi Bimbingan dan Konseling. Bengkulu: Literasiologi.

Hattie, J. (2008). Visible Learning: A Synthesis of Over 800 Meta-Analyses Relating to Achievement. In Visible Learning: A Synthesis of Over 800 Meta-Analyses Relating to Achievement. https://doi.org/10.4324/9780203887332

Kulsum, S., et al. (2020). Pelaksanaan Program Bimbingan dan Konseling. Direktorat Guru dan Tenaga Kependidikan Madrasah Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama Republik Indonesia.

Mahdi. (2017). Peran Guru Bimbingan dan Konseling dalam Meningkatkan Kesuksesan Belajar Siswa di SMA Negeri 1 Depok Sleman Yogyakarta. Edukasi: Jurnal Bimbingan Konseling, 3(1). https://doi.org/10.22373/je.v3i1.1411

Mutia, S. (2018). Pelaksanaan Program Layanan Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Intelektualita: Journal of Education Sciences and Teacher Training, 7(1). https://jurnal.ar-raniry.ac.id/index.php/intel/article/view/9920/5535

Nasution, H. S. & Abdillah. (2018). Bimbingan dan Konseling: Konsep, Teori dan Aplikasinya. Medan: Lembaga Peduli Pengembangan Pendidikan Indonesia (LPPPI).

Ngalimun & Ihsan. (2020). Bimbingan Konseling di Sekolah Dasar dan Madrasah Ibtidaiah. Yogyakarta: Litera.

Pane, A. & Dasopang, M. D. (2017). Belajar dan Pembelajaran. Fitrah: Jurnal Kajian Ilmu-Ilmu Keislaman, 3(2). DOI : 10.24952/fitrah.v3i2.945

Salsabila, A. & Puspitasari. (2020). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Prestasi Belajar. Pandawa: Jurnal Pendidikan dan Dakwah, 2(2). https://core.ac.uk/download/pdf/327208709.pdf

Siregar, E., et al. (2022). Teori Belajar dan Pembelajaran. Tangerang Selatan: Universitas Terbuka.

Syafi’i, A., et al. (2018). Studi Tentang Prestasi Belajar Siswa dalam Berbagai Aspek dan Faktor yang Mempengaruhi. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(2). DOI: 10.32585/jkp.v2i2.114

Syarifuddin, A. (2011). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Ta’dib: Jurnal Pendidikan Islam, 16(1).

Ulfiah. (2020). Psikologi Konseling: Teori dan Implementasi. Jakarta: Kencana Prenada Media.

Unduhan

Diterbitkan

2023-08-15

Cara Mengutip

Sari Hasibuan, N. ., Widiastuti, E., Nabilah Nisa, A., Razaq, M. A., & Prasetia, M. A. (2023). PERAN GURU BK DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS VIII MTS LABORATORIUM UIN SUMATERA UTARA MEDAN. Effect : Jurnal Kajian Konseling, 2(1), 1–13. Diambil dari https://ejournal.yana.or.id/index.php/effect/article/view/967