Pendekatan Konseling Behavioral dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa

Penulis

  • Zaidatul Fadilla UIN Sumatera Utara

DOI:

https://doi.org/10.58432/effect.v4i1.131

Kata Kunci:

Konseling behavioral, motivasi siswa, siswa Madrasah Tsanawiyah

Abstrak

. Penelitian ini membahasa mengenai motivasi belajar rendah pada siswa Mts Al-Jami’atul Wasliyah Tembung. Oleh sebab itu peneliti melakukan penelitian tentang Pendekatan konseling behavioral yang digunakan guru BK dalam meningkatkan motivasi belajar siswa di Mts Al-Jami’atul Washliyah Tembung. Adapun tujuannya adalah untuk mengetahui 1) Motivasi belajar siswa di Mts Al- Jami’atul Washliyah Tembung 2) Faktor penyebab siswa mengalami motivasi belajar rendah di Mts Al-Jami’atul Washliyah Tembung 3) Pendekatan konseling behavioral yang digunakan oleh guru BK dalam meningkatkan motivasi belajar siswa di Mts Al- Jami’atul WasliyahTembung. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan metode deskripitif, Tehnik pengumpulan data menggunakan wawancara dan observasi dan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Berdasarkan penelitian yang sudah dilakukan diperoleh hasil bahwa pendekatan konseling behavioral yang digunakan guru BK dalam meningkatkan motivasi belajar siswa di Mts Al-Jami’atul Washliyah Tembung dikatakan cukup berhasil karena hari demi harinya siswa sudah mengerti atas apa yang harus dilakukannya dalam belajar dan tahu atas tugasnya sebagai siswa, walaupun perubahan siswa tidak langsung terlihat setelah diberikan layanan konseling dengan ini guru BK harus menambah pengetahuan serta menambah inovasi untuk memberi layanan konseling behavioral untuk siswa yang memiliki motivasi belajar rendah.

 

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Annisa, dkk. (2018). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Motivasi Belajar.

Mahasiswa FKIP Universitas Lampung

Ahmad Syarqawi, dkk. (2019). Dasar Bimbingan dan Konseling konsep dan teori.

Jakarta: Kencana.

Ahmad Susanto. 2018. Bimbingan dan Konseling di Sekolah Konsep, Teori dan Aplikasinya. Prenadamedia Group: Jakarta

Abdullah bin Muhammad. (2010) . Tafsir Ibnu Katsir Jilid 6. Jakarta : Pustaka Imam as-Syafi’i.

Alimuddin Mahmud, Kustiah Sunarty. (2012) . Mengenal Teknik-Teknik Bimbingan Dan Konseling. Makassar.

Abdul Hanan. 2017 . Meningkatkan Motivasi Belajar Bimbingan konseling Siswa Kelas VIII.C Melalui Bimbingan Kelompok Semester Satu Tahun Pelajaran 2015/2016. Mataram: JIME.

Bimo. (2010). Pengantar Psikologi Umum. Yogyakarta: Andi offest. Effi. (2012). Metode Penelitian Pendidikan. Medan :Unimed Press

Feni Hikmawati.(2011).Bimbingan Konseling –Edisi Revisi. Jakarta:Rajawali Pers Henni, Abdillah. (2019). Bimbingan Konseling .Konsep Teori dan Aplikasinya.

Lembaga Peduli Pengembangan Pendidikan Indonesia: Medan

Hartono, Boy Sudarmaji. (2019). Psikologi Konseling Edisi Revisi. Kencana: Jakarta

Ifni Oktani. (2017). Kreativitas Guru Dalam Memotivasi Belajar Peserta Didik.

Jurnal Kependidikan. Vol.5

Imam Gunawan. (2016). Metode Penelitian Kualitatif Teori dan Praktek . Jakarta: PT Bumi Aksara.

Keke. (2008) Minat dan Motivasi dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal pendidikan

Lexy J, Moleong. (2019). Metodelogi Penelitian Kualitatif. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.

Muhibbin. (2010) . Psikologi Pendidikan. Bandung : PT Remaja Rosdakarya Offest.

Mulawarman, dkk. (2019).Psikologi Konseling: Sebuah Pengantar Bagi Konselor Pendidikan. Jakarta: Prenadamedia.

Nyanyu Khodijah. (2017). Psikologi Pendidikan . Jakarta : PT Raja Grafindo. Namora. (2011). Memahami Dasar-Dasar Konseling Dalam Teori Dan Praktik.

Jakarta: Kencana

Novi Hendri . (2013). Model-Model Konseling . Medan : Perdana Publishing.

Ni wayan, dkk. (2013). Penerapan Konseling Behavioral Dengan Tehnik Penguatan Positif Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas VII F Smpn 1 Sukasada. Bimbingan Konseling FIP Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja: Indonesia.

Rahmatul Ulfa. (2018). Teori Behavioral Dalam Perspektif Bimbingan Konseling Islam.Al-Taujih, Vol.4 No1. h.61

Sri Milfayyetti ,dkk. (2014). Psikologi pendidikan . Medan : PPs Unimed .

Seto Mulyadi, Muhammad Fakhrurrozi dan Diana Rohayati. (2015). Psikologi Konseling. Jakarta: Gunadarma.

Sofyan S.Willis. (2014). Konseling Individual, Teori dan Praktek. Bandung : Alfabeta .

Salim, Sahrun. (2007). Metodelogi Penelitian Kualitatif. Badung: Cipta Pustaka Media.

Suharni, Purwanti. (2018) . Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Program Studi Bimbingan dan Konseling Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan: Univeristas PGRI Yogyakarta.

Syaiful Bahri. 2011. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta

Suryani, I. and Ibrahim, Mu. buchori (no date) Pemanfaatan Layanan Bimbingan kelompok Dalam Meningkatkan motivasi Belajar Siswa Yang Kecanduan smartphone, INTERNATIONAL SEMINAR AND CONFERENCE GUIDANCE AND COUNSELING COLLABORATION DEPARTEMENT GUIDANCE AND COUNSELING ISLAMIC (FITK-UINSU MEDAN) WITH ACADEMY OF TARBIYAH SCIENCE AL ITTIHADIYAH. Available at: https://scholar.google.com/citations?view_op=view_citation&hl=id&user=fT5TDQMAAAAJ&citation_for_view=fT5TDQMAAAAJ%3A2osOgNQ5qMEC (Accessed: 2019).

Fadhilah Suralaga. (2017.) Psikologi Pendidikan:Implikasi dalam Pembelajaran.

Rajawali Press:Depok.

Tarmizi. (2018). Profesionalisasi Profesi Konselor Berwawasan Islami. Medan: Perdana Publishing.

Uyun, dan Idi. (2021). Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: Cv. Budi Utama. Widia, dkk. (2014). Meningkatkan Motivasi Belajar Dengan Menggunakan

Layanan Bimbingan Kelompok. Jurnal fkip unilla.

Winkel, Sri. (2004). Bimbingan Dan Konseling Di Institusi Pendidikan. Media Abadi :Yogyakarta.

Unduhan

Diterbitkan

2025-04-27

Cara Mengutip

Fadilla, Z. (2025). Pendekatan Konseling Behavioral dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Effect : Jurnal Kajian Konseling, 4(1). https://doi.org/10.58432/effect.v4i1.131