Implementasi Bimbingan Karir dengan Pendekatan Trait And Factor dalam Meningkatkan Kemampuan Pemilihan Karir Siswa
DOI:
https://doi.org/10.58432/effect.v4i1.1260Kata Kunci:
Bimbingan Karir, Trait and Factor, Pemilihan KarirAbstrak
Tujuan penelitian ini adalah mengetahui implementasi bimbingan karir dengan pendekatan trait and factor dalam meningkatkan kemampuan pemilihan karir siswa SMK Nusantara Lubuk Pakam. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Data yang dikumpulkan adalah data wawancara, observasi, dan dokumentasi yang diperoleh peneliti di SMK Nusantara Lubuk Pakam. Adapun yang menjadi informan dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, guru bimbingan konseling, dan siswa-siswi di SMK Nusantara Lubuk Pakam. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi bimbingan karir dengan pendekatan trait and factor dapat meningkatkan kemampuan pemilihan karir siswa, setelah diberikan bimbingan karir oleh guru BK. Hal ini terbukti dengan beberapa siswa yang mengalami peningkatan dalam memahami potensi yang dimiliki, kepercayaan diri dalam menentukan karir, dan hilangnya keraguan siswa dalam menentukan karir.
Unduhan
Referensi
Abivian, Muhibbu, dkk. Tt, Program Bimbingan Karir untuk Mengembangkan Kemampuan Membuat Pilihan Karir Peserta Didik”. Utile Jurnal Kependidikan. Universitas Pendidikan Indonesia.
Afdal, dkk. (2014). Bimbingan Karir Kolaboratif dalam Pemantapan Perencanaan Karir Siswa SMA. Jurnal Konseling dan Pendidikan. Vol 2. No 3.
Ani. (2017).Perempuan dan Karir (Telaah Teori Trait and Factor dalam Pengembangan Karir dan Pengambilan Keputusan).Jurnal MUWAZAH. Vol 9. No 2.
Falah, Nailul. (2016).Pengingkatan Layanan Bimbingan dan Konseling melalui Pelatihan Pembuatan Media Bimbingan pada Konselor Sekolah di MAN Lab. UIN Yogyakarta. Jurnal Hisbah.Vol 13. No 1.
Hartono. (2018).Bimbingan Karier. Jakarta: Prenada Media.
Helaluddin, dkk. (2019). Analisis Data Kualitatif : Sebuah Tinjauan Teori & Praktik. Sekolah Tinggi Theologia Jaffray.
Hidayat, Rahmat, dkk. (2019). Karier : Teori dan Aplikasi dalam Bimbingan dan Konseling Komprehensif. Sukabumi : CV.Jejak anggota IKAPI.
Suryani, I. and Ibrahim, Mu. buchori (no date) Pemanfaatan Layanan Bimbingan kelompok Dalam Meningkatkan motivasi Belajar Siswa Yang Kecanduan smartphone, INTERNATIONAL SEMINAR AND CONFERENCE GUIDANCE AND COUNSELING COLLABORATION DEPARTEMENT GUIDANCE AND COUNSELING ISLAMIC (FITK-UINSU MEDAN) WITH ACADEMY OF TARBIYAH SCIENCE AL ITTIHADIYAH. Available at: https://scholar.google.com/citations?view_op=view_citation&hl=id&user=fT5TDQMAAAAJ&citation_for_view=fT5TDQMAAAAJ%3A2osOgNQ5qMEC (Accessed: 2019).
Jarkawi, dkk. (2017). Strategi Bimbingan dan Konseling Karier Bermutu pada Sekolah Menengah Kejurusan Syuhada Banjarmasin.Jurnal Kajian Bimbingan dan Konseling. Vol 2. No 3.
Jayadi, dkk. (2019). Pendekatan Trait and Factor dalam Pengambilan Keputusan Karir. Jurnal Paedagodie. Vol 7. No 2.
Muhajirin, Muhammad. (2017).Efektivitas Konseling Karir Trait and Factor untuk Mereduksi Kesulitan membuat Keputusan Karir. Journal of Innovative Counseling : Theory, Practice & Research. Vol 1. No 1.
Putra,Rulian Tri. (2015).“Upaya Meningkatkan Kemampuan Pemilihan Karier Siswa Melalui Konseling Kelompok dengan Pendekatan Trait-Factor pada Siwa Kelas X MIA 2 MAN 1 Yogyakarta Tahun Ajaran 2014/2015”. Jurnal E-Jurnal Bimbingan dan Konseling Edisi 11 Tahun ke-4.
Ristian, Trias, Rahmadani, dan Hidayat.(2020). Studi Literature : Pendekatan Teori Trait and Factor dalam Pengambilan Keputusan Karir Siswa SMA. Jurnal Jurusan Bimbingan Konseling Undiksha. Vol 11. No 1.
Salim & Syahrum. (2012). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Citapustaka Media.
Santi, Desak Era Puspita, dkk. (2014). Penerapan Konseling Karir Trait and Factor dengan Menggunakan Teknik Modeling untuk Mengembangkan Rencana Pilihan Karir Siswa Kelas X TPM 1 SMK Negeri 3 Singaraja.e-Journal Undiksa Jurusan Bimbingan Konseling. Vol 2. No 01.
Sofiah, Sofi Siti. (2018). Aplikasi Fungsi Bimbingan Kari dan Minat Siswa Melanjutkan Pendidikan ke Perguruan Tinggi. Jurnal Bimbingan, Penyuluhan, Konseling dan Psikoterapi Islam. Vol 6. No1.
Susanto, Ahmad. (2018).Bimbingan dan Konseling di Sekolah (Konsep, teori dan Aplikasinya). Jakarta: Kencana.
Syarqawi, Ahmad, dkk. (2019).Bimbingan dan Konseling Karir (Teori dalam Perencanaan dan Pemilihan Karir). Medan: Widya Puspita.
Syarqawi, Ahmad. (2019). Bimbingan dan Konseling di Institusi Pendidikan. Medan: Perdana Publishing.
Tiarasani, Nova Galuh.(2012). “Upaya Menurunkan Kecemasan Siswa dalam Pemilihan Karier melalui Konseling Trait and Factor pada Kelas XI B di SMK Negeri 1 Wirosari Kabupaten Grobongan Tahun Ajaran 2011/2012”. Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Semarang.
Yusuf, Syamsu, dkk. (2011).Landasan Bimbingan dan Konseling. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.