Implementasi Keterampilan Komunikasi Online Dalam Layanan Cyber Konseling

Penulis

  • Bella Pratiwi UIN Sumatera Utara
  • Kessy Ananda UIN Sumatera Utara
  • Afwan Syahril Manurung UIN Sumatera Utara

DOI:

https://doi.org/10.58432/effect.v4i1.1188

Kata Kunci:

Keterampilan Komunikasi, Cyber konseling

Abstrak

Layanan cyber konseling telah menjadi solusi inovatif dalam dunia konseling, terutama di era digital saat ini. Layanan ini sangat dipengaruhi oleh keterampilan komunikasi online yang dimiliki oleh konselor maupun klien. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran keterampilan komunikasi online dalam meningkatkan kualitas interaksi dan keberhasilan layanan cyber konseling. Metode yang digunakan adalah studi literatur dan studi kasus pada platform konseling digital. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan komunikasi online yang efektif, seperti kemampuan menyampaikan pesan dengan jelas, empati digital, penerimaan, pengulangan pernyataan sangat berpengaruh terhadap kepercayaan klien, kenyamanan dalam berbagi masalah, dan keberhasilan konseling. Penelitian ini menekankan pentingnya pelatihan keterampilan komunikasi online bagi konselor untuk memastikan layanan cyber konseling dapat memenuhi kebutuhan klien secara maksimal. Dengan komunikasi yang efektif, hubungan konselor dan klien dapat tetap erat meskipun tidak bertatap muka secara langsung. Temuan ini relevan untuk pengembangan praktik konseling di era digital, sekaligus memberikan panduan bagi institusi pendidikan dan pelatihan konselor.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

ABKIN. (2008). Standar Kompetensi Konselor Indonesia. Jakarta: Pengurus Besar ABKIN.

Apsari, F. Y., Rama, M. D., dan Prasetyo, E. (2018). Konseling Berbasis Teks Menggunakan Riliv Aplikasi Android. 5(1), 45–49.

Corey, G. (2015). Theory and practice of counseling and psychotherapy. Nelson Education.

Ifdil, I., & Ardi, Z. (2013). Konseling Online Sebagai Salah Satu Bentuk Pelayanan E- konseling. Jurnal Konseling Dan Pendidikan. 1, 15–21.

Kraus, R., Stricker, G., Speyer, C. (2011). Online Counseling: A Handbook for Mental Health Professionals. USA: Elsevier.

Navarro, P., Bambling, M., Sheffield, J., & Edirippulige, S. (2019). Exploring young people’s perceptions of the effectiveness of text-based online counseling: Mixed methods pilot study. JMIR Mental Health, 6(7).

Nirmala, M. (2017). Penggunaan keterampilan dasar konseling oleh guru bk untuk membantu menyelesaikan masalah minat belajar peserta didik di SMK Negeri 3 Bandar Lampung. UIN Raden Intan Lampung.

Moh, Nazir. (2015). Metode Penelitian. Bogor: Ghalia Indonesia.

Pedhu, Y. (2014). Model konseptual. Psiko Edukasi, 12(2), 78–89.

Prasetya, A. F. (2017). Model Cybercounseling : Telaah Konseling Individu Online Chat- Asynchronous Berbasis Aplikasi Android. Prosiding Seminar Bimbingan Dan Konseling, 1(1), 31–38.

Pratama, S., & Nur, S. (2023). Inovasi Cyber Counseling untuk Layanan Bimbingan dan Konseling Islam. JBKPI: Jurnal Bimbingan Dan Konseling Pendidikan Islam, 2(02), 32–41. https://journal.unismuh.ac.id/index.php/J-BKPI/article/view/11462

Ursula, P., A. 2021. Mengenal Layanan Konseling Online. Jurnal Pendidikan, 8(3(, 62-73).

Pujiyanti, A. (2018). Pengembangan Model Cyber counseling Berbantuan Facebook Untuk Meningkatkan Efektivitas Layanan Informasi Karier Di Sma Negeri 1 Semarang. Prosiding, 22.

Unduhan

Diterbitkan

2025-04-26

Cara Mengutip

Pratiwi, B., Ananda, K. ., & Manurung, A. S. . (2025). Implementasi Keterampilan Komunikasi Online Dalam Layanan Cyber Konseling. Effect : Jurnal Kajian Konseling, 4(1). https://doi.org/10.58432/effect.v4i1.1188