Pentingnya Manajemen bagi Pelayanan Bimbingan dan Konseling di Sekolah
Kata Kunci:
Manajemen, Bimbingan dan KonselingAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pentingnya manajemen berkualitas dalam pelaksanaan bimbingan dan konseling di sekolah, yang dapat menangani kebutuhan dan permasalahan siswa secara efektif. Metode penelitian yang digunakan adalah studi literatur, mengumpulkan data dari buku, jurnal, dan penelitian terdahulu, yang kemudian dianalisis secara kritis untuk menghasilkan teori baru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa manajemen yang terarah dan sistematis dalam bimbingan dan konseling berperan sebagai indikator kinerja konselor dan meningkatkan mutu layanan. Manajemen ini melibatkan perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, pengawasan, dan penilaian. Manajemen yang baik dalam bimbingan dan konseling, mendukung terciptanya suasana belajar yang inovatif dan menyenangkan, serta mengembangkan potensi siswa secara maksimal.
Unduhan
Referensi
Adlini, M. N., Dinda, A. H., Yulinda, S., & Chotimah, O. (2022). METODE PENELITIAN KUALITATIF STUDI PUSTAKA. 6(1), 974–980.
Angin, Laurensia Angin, L. M. P., & Edwina, Y. (2022). IMPLEMENTASI DAN MANAJEMEN PENGELOLAAN KELAS DALAM MENINGKATKAN MUTU PEMBELAJARAN DI KELAS. Uwais Inspirasi Indonesia.
Batlajery, S. (2016). Penerapan fungsi-fungsi manajemen pada aparatur pemerintahan Kampung Tambat Kabupaten Merauke. Jurnal Ilmu Ekonomi & Sosial Unmus, 7(2), 135–155.
Creswell, J. W. (2012). Educational Research: Planning, Conducting and Evaluating Quantitative and Qualitative Research (4th ed.). Pearson.
Diniaty, A. (2012). Evaluasi Bimbingan Konseling. Pekanbaru: Zanafa.
Fawri, A. (2021). EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN Konsep Manajemen Bimbingan dan Konseling. 3(1), 196–202.
Handoko, T. H. (2003). Manajemen, edisi ke-2. Yogyakarta: Bpfe.
Hidayat, N., & Patimah, S. (2023). Quality Management at Madrasah Aliyah Daarul Ikrom Pesawaran. JMKSP (Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, Dan Supervisi Pendidikan), 8(2), 1066–1079.
Isnaini, R. L. (2016). Penguatan Pendidikan Karakter siswa melalui manajemen bimbingan dan konseling Islam. Manageria: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(1), 35–52.
Maspeke, R. R., Pioh, N., & Undap, G. (2017). Manajemen Dana Desa Dalam Meningkatkan Pembangunan Di Desa Doloduo Kecamatan Dumoga Barat Kabupaten Bolaang Mongondow. JURNAL EKSEKUTIF, 2(2).
Neviyarni, S. (2023). Manajemen Bimbingan Dan Konseling Di Sekolah: Konsep, Masalah, dan Solusi. Prenada Media.
Octavia, S. A. (2019). Implementasi Manajemen Bimbingan Konseling di Sekolah/Madrasah. Deepublish.
Rohmah, R. (2019). Urgensi manajemen bimbingan konseling dalam melahirkan peserta didik berkarakter. Jurnal Pendidikan Islam Indonesia, 4(1), 102–115.
Siswanto, B. (2021). Pengantar manajemen. Bumi Aksara.
Su’ainah, A., & Juarsa, O. (2017). Manajemen Bimbingan Dan Konseling Di Sma. Manajer Pendidikan, 11(3), 287–296.
Syafaruddin, S., & Nurmawati, N. (2011). Pengelolaan pendidikan: mengembangkan keterampilan manajemen pendidikan menuju sekolah efektif.
Talibo, I. (2018). Fungsi Manajemen dalam Perencanaan Pembelajaran. Jurnal Ilmiah Iqra’, 7(1).
Zamroni, E., & Rahardjo, S. (2015). Manajemen bimbingan dan konseling berbasis permendikbud nomor 111 tahun 2014. Jurnal Konseling Gusjigang, 1(1).
Zanah, R. F. M., & Sulakasana, J. (2016). Pengaruh Fungsi Manajemen Terhadap Kepuasan Kerja Karyawan. Agrivet: Jurnal Ilmu-Ilmu Pertanian Dan Peternakan (Journal of Agricultural Sciences and Veteriner), 4(2).
Zulkarnain, W. (2022). Manajemen layanan khusus di sekolah. Bumi Aksara.